English English Indonesian Indonesian
oleh

Dispar Makassar Jalin Kuat Pariwisata Makassar-Jakarta

FAJAR, JAKARTA-Kepala Dinas Pariwisata Makassar Muhammad Roem terus mendorong kerja sama pariwisata antar daerah. Salah satunya lewat Makassar Direct Sale (MDS) l. Kerja sama ini terus dipupuk pihaknya guna mendorong target pemerintah 1,2-1,4 miliar perjalanan di seluruh Indonesia.

“Jakarta sebagai ibu kota masih menjadi target utama terbesar dari seluruh provinsi telah menjadikan Jakarta sebagai target mereka,” jelasnya.

Terutama Jakarta sebagai pusat pemerintahan, diharapkan bisa ikut menggaet kegiatan-kegiatan mereka ke Makassar. Roem mengatakan target ini juga menyasar daerah-daerah penyangga secara keseluruhan di Jabodetabek. “Jadi bukan cuma di Jakarta, Jakarta memang pusat aktivitas tetapi kegiatan kemasyarakatan ada di daerah penyangga,” jelasnya.

Sementara itu Mewakili Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta, Kepala Sub Kelompok Tenaga Kerja Urusan Pariwisata, Jonie P Rumimper mengapresiasi kegiatan MDS ini. Dimana kegiatan ini memiliki makna yang positif dalam mendukung program pemerintah 1,2-1,4 miliar perjalanan di semua Indonesia.

“Selamat atas kegiatan Makassar Direct Sel 2023 semoga ini rutin meningkatkan kerjasama dan kembangkan Makassar,” jelasnya.
Menurutnya kolaborasi antar stakeholder ini akan menstimulasi kemajuan pariwisata terlebih mengaplikasikan kolaborasi pentahelix

“Yang terdiri atas akademisi, pebisnis, komunitas pemerintah dan pers sebagai bagian dari publikasi,” ujarnya.

Ini tentunya akan berkontribusi terhadap pemulihan ekonomi pasca-Covid-19. Daerah bisa bersama meningkatkan UMKM sehingga berkontribusi dalam penyerapan tenaga kerja.

Dia mengatakan kemitraan Makassar dan Jakarta seyogianya terus dipupuk untuk mendukung target tersebut. “2 bulan lalu kami diterima dengan baik oleh Makassar, diharapkan kedepan bisa solid kerjasama dalam kembangkan pariwisata Makassar dan Jakarta,” katanya. (an)

News Feed