English English Indonesian Indonesian
oleh

BPBD Bersama INANTA-CWS Luncurkan Program CLEAR

MAKASSAR, FAJAR – Inovasi Ketahanan Komunitas (Inanta)-CWS menggelar pertemuan awal sekaligus meluncurkan program Community Led Early Action and Resilience (CLEAR).

Prgram ini merupakan aksi dini kesiapsiagaan dan ketangguhan iklim berbasis masyarakat yang didanai oleh Australian NGO Partnership (ANCP) -DFAT Australia. Peluncuran berlangsung di Swissbellin Makassar, Selasa, 10 Oktober 2023.

Peluncuran program CLEAR ini dibuka langsung oleh Kepala Bidang Rehabilitasi BPBD Kota Makassar, Maharuddin. Kata dia, program ini sangat baik. Sehingga pihaknya mendukung penuh apa yang dilakukan INANTA-CWS.

”Kami mendukung dan menyambut baik kerja sama INANTA-CWS dengan Pemkot Makassar, dalam program aksi dini kesiapsiagaan dan ketangguhan iklim. Sasarannya, penguatan kapasitas kesiapsiagaan bencana dan ketangguhan iklim bagi masyarakat marginal dan inklusi pada kawasan rawan bencana,” ujarnya.

Sementara PDQ Manager CWS Indonesia Wardhana Dipa mengaku senang atas sambutan dan dukungan yang diberikan Pemkot Makassar. Kata dia, program CLEAR ini akan diimplementasikan selama tiga tahun, terhitung tahun 2023- ini sampai 2026 mendatang.

”Melalui program INANTA-CWS di Kota Makassar, diharapkan Pentahelix Kebencanaan unsur pemerintah, dunia usaha, masyarakat, Pperguruan tinggi dan media, dapat berkolaborasi dalam program CLEAR ini,” pungkasnya.Rapat awal, penjelasan dan diskusi program CLEAR ini difasilitasi Project Manager Inanta-CWS, Jasman. Sejumlah instansi juga turut hadir dalam agenda tersebut, mulai dari Dinas, Camat, akademisi, dan berbagai unsur lainnya. (wid)

News Feed