English English Indonesian Indonesian
oleh

Yamaha MT-07 Diproduksi di Indonesia, Diekspor ke Eropa

FAJAR, MAKASSAR-PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing sudah memproduksi MT-07. Motor sport ini bahkan hanya dipasarkan ke Eropa.

Presiden Direktur & CEO PT Yamaha Indonesia Motor Mfg, Dyonisius Beti mengatakan, MT-07 sudah diproduksi

Mesin MT-07 diproduksi pabrik Yamaha di di Kawasan Industri KIIC (Karawang International Industry City), Karawang, sementara perakitan utamanya di Pabrik perakitan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) di Pulogadung, Jakarta Timur.

Semula motor tersebut hanya diproduksi di Jepang, namun sejak 18 September 2023, motor tersebut mulai diproduksi di YIMM di Indonesia. “Motor ini kami pasarkan ke Eropa,” ujarnya.

Soal untuk pemasaran di Indonesia, ia sebut belum bisa dipastikan. Meskipun begitu, Ia juga menyebutkan, pabrik yang dimiliki YIMM sudah mampu memproduksi mesin dengan bertenaga besar di kisaran 7.000 cc hingga 10.000 cc, hanya saja produksi motor dengan cc berkapasistas tinggi tidak diproduksi karena persoalan regulasi. Salah satunya faktor pajak. “Semakin tinggi cc bakal semakin tinggi pajaknya, tetapi soal skill dan kemampuan sumber daya manusia kita sudah mumpuni untuk memproduksi motor -motor terbaik,” katanya.

MT-07 dibekali dengan mesin baru Twin-cylinder parallel 270-derajat berkapasitas 689cc ini bahkan akan disiapkan diproduksi khusus untuk agar bisa digunakan dalam pengawal capres-cawapres untuk Pemilu 2024. “Rencana kami nanti bisa digunakan untuk pengawalan capres – cawapres,” jelasnya. (*)

News Feed