English English Indonesian Indonesian
oleh

Siswa SMPN 2 Marioriwawo Antusias Gelar Pesta Demokrasi

SOPPENG, FAJAR — Warga SMPN 2 Mariowawo baru saja menghelat pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS (Pilketos dan Waketos), Sabtu, 23 September 2023.

Kegiatan tersebut merupakan hasil akhir pelaksanaan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam Kurikulum Merdeka. Pilketos merupakan wujud aksi nyata tema Suara Demokrasi, yang merupakan salah satu tema P5 yang diterapkan pada Kurikulum Merdeka.

P5 merupakan kegiatan ko-kurikuler berbasis projek yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai dengan profil pelajar Pancasila yang disusun berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan.

“Kegiatan ini merupakan implementasi dari Kurikulum Merdeka. Pada Kurikulum Merdeka terdapat tujuh tema. Kali ini pada jenjang kelas 7 kami mengangkat tema Suara Demokrasi. Ini sejalan dengan menyambut pesta demokrasi pada 2024 mendatang,” terang Kepala SMPN 2 Marioriwawo, Hj Nuralam Sainuddin, SPd, MPd.

Selain diikuti oleh warga SMPN 2 Marioriwawo, tampak hadir juga Pengawas Pembina SMP Drs Arif, MPd, perwakilan orang tua, alumni serta anggota KPU Soppeng. Mereka sangat mengaspirasi kegiatan P5 ini.

“Ini adalah miniatur proses pemilihan umum, saya sangat mengapresiasi kegaitan ini. Jadi kalian semua sudah punya gambaran seperti apa proses pemilu yang sebentar lagi akan dilaksanakan pada 2024 mendatang,” ungkap Risal, Anggota KPU Soppeng.

Pada pemilu OSIS ini, seluruh siswa antusias mengikuti jalannya kegiatan. Mulai dari proses penjaringan calon ketua dan wakil ketua OSIS, hingga menyulap ruang sirkulasi sekolah menjadi tempat pemungutan suara (TPS). Semua persiapan tersebut dilakukan oleh siswa kelas 7, 8, dan 9 dengan bimbingan seluruh guru serta staf SMPN 2 Marioriwawo.

News Feed