English English Indonesian Indonesian
oleh

Kompetisi Debat Tingkat Nasional Puspresnas, Mahasiswa Unhas Sabet 2 Medali Emas

FAJAR, MAKASSAR-Mahasiswa Universitas Hasanuddin (Unhas) kembali menorehkan prestasi gemilang di tingkat nasional. Perwakilan Unhas berhasil meraih dua medali emas pada ajang Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) tingkat Nasional yang diselenggarakan Pusat Prestasi Nasional Kemendikbudristek.

Abd Salam Saputra (mahasiswa FISIP) mendapat medali emas sebagai Pembicara Terbaik Pertama Divisi B dan Liza Faizah Rizqiah (mahasiswa FISIP) menyabet medali emas sebagai Pembicara Terbaik 3 Divisi B.

Tak hanya itu, Maria Angeliqa Rieke Taneh (mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya) juga mendapat penghargaan bergengsi sebagai Juri Institusi Terakreditasi.

Penyelenggaraan KDMI tingkat nasional tahun ini dilaksanakan secara luring di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Banten pada 11-18 September 2023. Kompetisi ini diikuti 112 tim dengan total 336 peserta dari 112 perguruan tinggi seluruh Indonesia yang telah melewati seleksi di tingkat wilayah.

Kompetisi ini terdiri dari 7 babak penyisihan dan 4 babak eliminasi dengan dua divisi, yaitu A dan B. Sistem kompetisi yang digunakan adalah British Parliamentary atau sistem yang digunakan dalam kompetisi debat tingkat dunia.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unhas Prof drg Muhammad Ruslin MKes PhD SpBM(K) mengucap syukur atas raihan prestasi yang diraih tim Unhas.

“Alhamdulillah, mahasiswa Unhas kembali menambah koleksi prestasi Unhas di tingkat nasional, kali ini kompetisi debat KDMI. Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unhas akan terus mensupport mahasiswa untuk terus berprestasi,” ujar Prof Ruslin.

Kepala Bagian Humas Unhas Ahmad Bahar mengatakan, pada KDMI tahun 2023 ini, Unhas mengutus dua mahasiswa dan satu juri terakreditasi yang sebelumnya memenangkan seleksi tingkat wilayah 6 Sulawesi pada 24 Agustus 2023.

KDMI ini merupakan salah satu dari 18 ajang talenta yang diselenggarakan Balai Pengembangan Talenta Indonesia, Pusat Prestasi Nasional Kemdikbud Ristekdikti. Kegiatan ini diselenggarakan untuk menumbuhkan daya nalar dan daya kritis para mahasiswa dalam rangka Merdeka Belajar Kampus Merdeka. (*/)

News Feed