English English Indonesian Indonesian
oleh

Selama 39 Tahun, Universitas Terbuka Jadi Perekat NKRI

FAJAR, MAKASSAR-Universitas Terbuka (UT) merayakan puncak Dies Natalis ke-39, Senin, 4 September 2023 dengan mengusung tema “Tatanan dan Budaya Kerja Baru Mewujudkan Indonesia Maju.”

Rektor UT, Prof Ojat Darojat, dalam sambutannya, mengatakan, tidak terasa Universitas Terbuka telah berusia 39 tahun.

Selama 39 tahun Universitas Terbuka telah mengabdikan kepada bangsa, menjadi partner bangsa, serta perekat Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)

Secara lintas generasi UT telah berjuang keras membumikan keadilan sosial dalam bidang pendidikan tinggi bagi seluruh anak bangsa, bukan hanya yang tinggal di jantung kota tetapi hingga sampai ke pelosok Nusantara.

Dikatakan Selama 39 tahun UT telah berdiri Kokoh mewujudkan cita-cita dalam mengakses pendidikan tinggi di seluruh pelosok Nusantara dan kini UT telah berevolusi serta teguh dalam keyakinan menjadi perguruan tinggi terbesar di Indonesia dan bahkan dunia.

Dikatakan Prof Ojat, UT adalah solusi bagi anak bangsa yang tinggal diwilayah yang terpencil untuk dapat meraih impiannya.

“Anak nelayan, anak petani bisa membantu orang tuanya menangkap ikan di samudra yang luas, anak petani yang membantu orang tuanya bertani di sawah atau di kebun dan pada saat yang bersamaan dia bisa meraih impiannya dengan kuliah di UT melalui pendidikan jarak jauh.

Universitas Terbuka adalah fenomena baru dalam tatanan penyelenggaraan pendidikan tinggi di tanah air. Dalam sejarah perjalanan 39 tahun UT, terbentang aneka ragam peristiwa dan tidak mudah mengubah persepsi, kultur tentang pendidikan tinggi, dimana infrastruktur tidak merata ditambah topografi yang sulit dan lainnya membuat UT semakin matang, kokoh dan teguh dalam keyakinan sebagai perguruan tinggi masa depan bangsa ini.

Dikatakan Prof Ojat, juga mengatakan keberhasilan yang dicapai ini di moment Dies Natalis ke-39 UT dimanfaatkan untuk mengucapkan rasa syukur kepada Allah SWT yang telah memberi anugerah kepada UT dan seluruh Civitas Akademika UT sehingga UT tumbuh menjadi perguruan tinggi yang disegani dan terbesar mahasiswanya.

Acara istimewa ini dihelat di Universitas Terbuka Convention Center (UTCC) dan dihadiri oleh para pimpinan UT, Ketua Senat, seluruh pegawai UT Pusat, pegawai UT Daerah, mahasiswa UT, serta peserta Disporseni Nasional UT 2023.

Acara ini lebih istimewa karena keterlibatan masyarakat umum melalui Zoom Meeting dan live streaming YouTube UT-TV.

Acara puncak Dies ke-39 UT juga menjadi ajang pertemuan dengan para mantan Rektor UT, seperti Prof. Dr. Bambang Sutjiatmo (Rektor ke-3 UT), Prof. Atwi Suparman, M.Sc. (Rektor ke-4 UT), dan Prof. Tian Belawati, M.Ed., Ph.D. (Rektor ke-5 UT). Selain itu, para Wakil Rektor UT terdahulu, pemenang Lomba Disporseni Nasional UT 2023, dan pimpinan mitra terdekat UT turut hadir dalam acara tersebut.

UT berhasil memperoleh prestasi luar biasa dengan meraih Rekor MURI dalam tiga kategori, yaitu: 1) Perguruan Tinggi dengan Tempat Ujian di Negara Terbanyak (51 Negara), 2) Perguruan Tinggi dengan Ujian Online Terbanyak (468.847 Peserta Ujian), dan 3) Perguruan Tinggi dengan Penjualan Bahan Ajar Terbanyak (2.026.843 Eks.).

Prestasi ini menunjukkan komitmen UT dalam menyediakan pendidikan tinggi yang inklusif dan terjangkau.

Selain prestasi gemilang, UT juga memperkenalkan tampilan baru Website UT yang lebih modern dan segar dengan tujuan meningkatkan kesadaran masyarakat akan keunggulan UT. UT juga meluncurkan aplikasi Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) serta e-Asset. (*/ham)

News Feed