English English Indonesian Indonesian
oleh

Aliyah Edukasi Masyarakat Pentingnya Peran Orang Tua Cegah Stunting Anak

MAKASSAR, FAJAR — Anggota Komisi IX DPR RI, Aliyah Mustika Ilham bersama BKKBN gelar promosi dan KIE program percepatan penurunan stunting di wilayah khusus. KIE atau komunikasi, informasi, serta edukasi tersebut digelar di Kecamatan Manggala, Senin, 4 September 2023.

Dalam kesempatan tersebut, Aliyah mengingatkan kepada masyarakat yang hadir tentang pentingnya peran orang tua memperhatikan tumbuh kembang anak. Khususnya di masa 1.000 hari pertama kelahiran.

“Stunting dapat dihindari dengan memberikan perhatian khusus sejak masa sebelum kehamilan, hingga 1000 hari kelahiran. Sehingga kebutuhan tumbuh kembang anak terpenuhi,” ujarnya.

Kegiatan ini turut dihadiri Kepala Perwakilan BKKBN Sulsel, Shodiqin, dan juga perwakilan dari Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Makassar, Masrita.

Shodiqin menyampaikan, saat ini percepatan penurunan stunting menjadi salah satu program prioritas dari pemerintah pusat. Program tersebut sebagai upaya menciptakan generasi emas bagi Indonesia.

“Anak-anak adalah penentu masa depan negeri ini, sehingga memperhatikan tumbuh kembang mereka saat ini berarti telah berbuat untuk negeri. Menjaga tumbuh kembang anak bukan hanya menjadi tugas pemerintah, namun menjadi tugas kita bersama,” ujarnya.

Masrita dari Dinas P2KB Makassar, menambahkan, berbagai hal yang dapat menjadi perhatian orang tua. Seperti rutin memeriksakan anak ke puskesmas dan posyandu.

“Dikarenakan stunting selain disebabkan karena kurangnya asupan gizi, juga dapat disebabkan karena adanya infeksi berulang pada anak,” tandasnya. (maj)

News Feed