English English Indonesian Indonesian
oleh

Rektor Unhas: Unhas Day Pemersatu Mahasiswa, Tempat Berinteraksi Hingga Beraktivitas dalam Keberagaman

FAJAR, MAKASSAR-Universitas Hasanuddin menyelenggarakan Unhas Day, sebagai salah satu rangkaian kegiatan penerimaan mahasiswa baru atau Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) tahun ajaran 2023/202. Unhas Day berlangsung di GOR JK Arenatorium pada Sabtu, 19 Agustus 2023 mulai pukul 08.00-16.00 Wita.

Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof drg Muhammad Ruslin MKes PhD SpBM(K). Turut hadir Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Pengembangan, dan Keuangan: Prof Subehan SSi MPharmSc PhD Apt, Wakil Rektor Bidang Sumber Daya Manusia, Alumni, dan Sistem Informasi: Prof Dr Farida Patittingi SH MHum.

Dalam sambutannya, Prof Ruslin menyampaikan bahwa Unhas Day merupakan rangkaian kegiatan PKKMB yang wajib diikuti mahasiswa baru Unhas. Kegiatan ini merupakan ajang pengenalan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan lembaga-lembaga yang ada di Unhas.

“Pada Unhas Day kali ini ada 36 UKM yang berpartisipasi dan 7 lembaga, yang penting untuk diketahui para mahasiswa baru. Kegiatan ini dibagi tiga sesi berdasarkan jadwal kedatangan mahasiswa baru,” ujarnya.

Pada kesempatan ini Prof Ruslin mengajak kepada seluruh mahasiswa baru agar aktif dan mengikuti kegiatan kemahasiswaan, baik di tingkat universitas, fakultas maupun jurusan. Hal tersebut sejalan dengan hadirnya kurikulum Unhas yang baru, yaitu K23.

“Semua kegiatan kemahasiswaan Anda akan dihitung menjadi SKS. Kurikulum baru memberikan 20 SKS untuk Penguatan Kompetensi,” sambungnya.

Tak hanya itu, Prof Ruslin menekankan bahwa PKKMB tahun ini tak sekadar seremonial belaka, tetapi juga menginisiasi gerakan Unhas Hijau.

“Seluruh mahasiswa baru melakukan penanaman pohon, satu mahasiswa satu pohon. Mereka akan melakukan perawatan dan melihat tanamannya,” ujar Prof Ruslin.

Tak hanya mahasiswa baru, Unhas Day kali ini juga kedatangan 191 mahasiswa Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) dari berbagai kampus di seluruh Indonesia.

“Selamat datang di Kampus Merah kepada seluruh mahasiswa PMM. Tahun ini ada 3.600 yang daftar program ini di Unhas, tetapi yang diterima hanya 191 prang,” terang Prof Ruslin.

Rektor Unhas Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc menyempatkan hadir pada Unhas Day kali ini. Kepada mahasiswa baru, ia menyampaikan bahwa Unhas Day merupakan hari berbahagia bagi unit kegiatan mahasiswa dan lembaga di Unhas. Dengan kegiatan ini ia berharap UKM dan lembaga mendapat semangat baru dari mahasiswa baru sehingga bisa semakin memajukan kampus.

Selain itu, Prof JJ juga berharap Unhas Day menjadi ajang pemersatu seluruh mahasiswa Unhas tanpa mengenal sekat fakultas dan jurusan.

“Kita berharap ke depan, setiap fakultas tidak mempunyai kerajaan, tapi yang ada keluarga besar Unhas. Unhas Day membuat kalian menjadi satu kesatuan, berinteraksi dan beraktivitas dalam kebersamaan,” ungkapnya.

Usai menyampaikan sambutan, Prof JJ menutup secara resmi kegiatan Unhas Day 2023. Selanjutnya, Prof JJ mengunjungi booth UKM dan lembaga.

Unhas Day kali ini dimeriahkan oleh penampilan-penampilan UKM, dan penampilan seni dari mahasiswa baru maupun mahasiswa Unhas yang sudah menjuarai ajang seni tingkat universitas.

Seluruh mahasiswa juga diberi kesempatan mengunjungi booth-booth UKM dan lembaga yang ada di Unhas untuk mengetahui lebih jauh tentang kegiatan/program dan cara bergabung menjadi anggota.

Daftar UKM yang diperkenalkan pada Unhas Day ada UKM Bola Voli, Softball-Baseball, Hockey, Tenis Meja, Tenis Lapangan, Bulutangkis, Bola Basket, Sepak Bola, Catur, Menembak, Karate-Do, Taekwondo, Shorinji Kempo, Pencak Silat, Renang, Panahan dan E-sport.

Bidang seni ada UKM Paduan Suara Mahasiswa, Seni Tari, Teater, Fotografi, dan Liga Film. Sedangkan untuk UKM bidang keilmuan ada UKM Keilmuan dan Penalaran Ilmiah (KPI). Selain itu, pada bidang kerohanian, ada UKM Lembaga Dakwah Kampus Mahasiswa Pecinta Mushalla (LDK MPM).

Terdapat juga UKM Resimen Mahasiswa Satuan 701, KSR-PMI, Korps Pecinta Alam (Korpala), Pramuka, Unit Kegiatan Pers Mahasiswa, Radio Kampus EBS FM, SAR, Koperasi Mahasiswa, Debat Bahasa Inggris, UKM Startup dan Ledhak (Lembaga Debat Haluan Kebangsaan) dan PK identitas Unhas.

Sementara untuk lembaga ada Pokja Prestasi dan Kewirausahaan, Pokja Kepemimpinan dan Karakter Mahasiswa, Career Center, Perpustakaan, International Office, Satgas Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual.(*)

News Feed