English English Indonesian Indonesian
oleh

Randa Azzahra Travel Utamakan Kualitas Pelayanan Jemaah

FAJAR, MAKASSAR — Prospek bisnis travel makin menjanjikan. Minat masyarakat melakukan umrah makin membaik.

Hal tersebut yang turut mendorong para pelaku usaha travel terus mengembangkan bisnisnya. Salah satunya, Randa Azzahra Travel yang baru saja melakukan grand opening kantor yang terletak di Toddopuli Raya Timur, Kompleks Ilma Green Residence Ruko Agatis Nomor 7, Kamis, 10 Agustus 2023.

Direktur Utama Randa Azzahra, Andi Nurmaedah Mustari menceritakan bisnisnya dimulai pada 2012 dengan travel tiketing. Kemudian memasuki 2013, mulai bergerak di bidang umrah, sambil tetap melaksanakan wisata halal.

“Terus kita juga melakukan wisata domestik, nasional, dan internasional,” ucapnya.

“Namun untuk pelayanan umrah dimulai pada 2013. Saat itu kita masih memberangkatkan jemaah sekali dalam setahun 2014,” sambungnya.

Perkembangan bisnisnya mulai dirasakan pada 2015. Travelnya mampu memberangkatkan jemaah hingga tiga kali dalam setahun.

“Pada 2022 setelah pandemi, kita mulai memberangkatkan jemaah umrah bisa tiga sampai empat kali dalam setiap bulannya,” terang Nurmaedah.

Saat itu, pihaknya masih sebagai agen perjalanan wisata (APW) karena belum mengantongi izin Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU). Karena untuk mengantongi izin itu, usaha harus terpantau oleh pihak Kemenag terkait apa yang dilakukan ada pelanggaran atau tidak.

“Alhamdulillah, selama kita menjadi APW, sebagai penyelenggara tidak pernah melakukan kesalahan sedikitpun,” tuturnya.

Dalam memuaskan jemaah, pihaknya lebih memprioritaskan kualitas pelayanan. Tidak melihat banyak atau sedikitnya jemaah yang diberangkatkan.

News Feed