English English Indonesian Indonesian
oleh

Teknik Kimia PNUP Hasilkan Produk, Bantu Keremajaan Kulit

FAJAR, MAKASSAR-Program Studi Teknologi Rekayasa Kimia Berkelanjutan (TRKB), Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) memiliki Tim VIRGIN COCONUT OIL (VCO) yaitu merupakan salah satu dari kelompok laboratorium Rekayasa Proses I yang dalam pratikumnya memiliki produk UMKM seperti VCO atau minyak kelapa.

Awalnya, produk UMKM mahasiswa teknik kimia ini berasal dari penelitian mahasiswa itu sendiri, atau dari teori yang sudah ada dalam modul pembelajaran, kemudian menjalani beberapa proses hilirisasi sebelum akhirnya sampai pada penciptaan produk bahkan pemasaran produk

Menurut Yuliani HR selaku pembimbing, mahasiswa juga didampingi proses pemasaran yang sangat dipengaruhi oleh kemasan, labelling dan sistem penjualan secara online menggunakan Iq dan WA Business.

Adapun tim VCO ini terbagi menjadi beberapa yaitu tim A, Zaiful Dani, Tria Afrillia, Rezki Ananda, Aisyah, Miftahul Janna dan Rida Afrija. Tim B sebanyak 5 mahasiswa yaitu Yuyun Natasya Nawir, Andi Aflah Solihati, Nur Inna Dahlan, Nuraenun dan Ahmad Fadhil. Sementara tm C terdiri dari 6 anggota yakni Nur Adillah Ariani, Hikmah Cahyani, Rahmania, Andi Rasti Rianti S, Siti Sya’fa Ghaliah Al Amrin dan Amelia sepakat memberi nama produk VCO yaitu VIRCOIL.

Menurut Yuli, proses belajar mengajar pada laboratorium Teknologi Rekayasa Proses melibatkan Praktisi dari yayasan Teh’ Riri yang memberikan materi bagaimana menjadi entrepreneur ditinjau dari kesiapan mental menghadapi persaingan di lapangan dan semangat untuk komitmen seorang pengusaha (wirausaha), kemasan, label dan sistem pemasaran maupun penjualan secara online, kompetensi dan outcome yang direncanakan tercapai.

Laporan dan Poster selain produk yang telah dikemas lengkap dengan label (siap dipasarkan) yang dipresentasikan secara terbuka penguji dan peserta seminar. Penguji Internal empat orang dari tim lab rekayasa proses serta dua penguji eksternal.

Yuliani HR mengatakan bahwa aktivitas tim VCO untuk 3 Kelompok yakni kelas A,B dan C Program Studi Teknologi Rekayasa Kimia Berkelanjutan (TRKB) ini, mahasiswa memiliki kemampuan dalam membuat VCO dengan 3 metode, peningkatan keterampilan hard skill dan Soft Skill.

Keterampilan bekerja di laboratorium, IT terkhusus pembuatan poster, pemasaran dengan media sosial sebagai sarana promosi, menganalisis data, menginterpretasikan, team work yang baik, leadership, kemandirian, kepercayaan diri, mampu berbicara dan presentasi di depan umum sehingga secara otomatis peningkatan kemampuan public speaking.

“Aktivitas tim VCO memberikan peningkatan, knowledge, soft skill, attitude, relasi serta kemampuan negosiasi yang secara langsung peningkatan branding bagi jati diri anggota, tentu saja modal menuju sarjana teknik kimia,” ujarnya.

Produk VCO mahasiswa Teknik Kimia PNUP tentu saja memiliki kelebihan yakni adanya inovasi dan nilai tambahan terkait pada keremajaan kulit, sehingga terawat dan halus selain itu produk turunan berupa lip Balm. Varian produk ada original dan Plus sesuai kebutuhan kulit.

Lebih lanjut, aktivitas di Tim VCO sejalan dengan profil lulusan vokasi yakni ahli dalam bidangnya dan memiliki kemampuan soft skill serta best performance & kekuatan personal branding, tutur Yuliani HR selaku Penanggung Jawab Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB). (*/)

News Feed