English English Indonesian Indonesian
oleh

Hasnawi Haris Bangga, Porseni PGRI Bertabur Bintang hingga 13 Kepala Daerah Hadir

FAJAR, SOPPENG-Perhelatan Pekan Olahraga dan Seni Persatuan Guru Republik Indonesia (Porseni PGRI) tingkat Sulawesi Selatan 2023 bertabur bintang. Kabupaten Soppeng menjadi tuan rumah. Ketua PGRI Sulsel Prof Hasnawi Haris dan Bupati Soppeng Andi Kaswadi Razak bertindak sebagai penyelenggara.

Porseni VI PGRI Sulsel itu berlangsung 24-28 Juli 2023. Pembukaan diwarnai kemacetan total karena keramaian kendaraan peserta dari berbagai kabupaten se-Sulsel. Pembukaan Porseni di Stadion H Andi Wana Kabupaten Soppeng tersebut bertabur bintang.

Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman hadir membuka bersama Ketua Umum PB PGRI Prof Unifah Rosyidi dan Ketua PGRI Sulsel Prof Hasnawi Haris. Selain Andi Sudirman, 12 kepala daerah dan 4 wakil kepala daerah juga hadir dalam pembukaan.

Pada tribun VVIP tampak hadir guru-Guru di Kabupaten Soppeng. Hadir pula kepala dinas pendidikan dari beberapa kabupaten mewakili Bupati.

Prof Hasnawi Haris mengatakan jumlah peserta atlet, penggembira, wasit juri, official yang mengikuti defile sebanyak 54.627 orang diluar penggembira yang tidak masuk rombongan defile. Hadir pula kepala dinas pendidikan dari beberapa kabupaten mewakili Bupati.

Selama ini kebijakan PGRI selalu berkoordinasi, komunikasi, dan bersinergi dengan pemerintah daerah, baik kabupaten/kota ataupun provinsi. “Alhamdulillah itu dibuktikan dengan kehadiran bapak gubernur, para bupati, dan seluruh anggota PGRI seluruh kabupaten/kota di Sulsel,” ujar Prof Hasnawi. Ia juga merasa bangga karena pertama kalinya agenda PGRI Sulsel dihadiri Ketua Umum PB Prof Unifah Rosyidi

Kata dia, yang menarik dalam proses penerimaan defile setiap kabupaten, yang di tribun, berlangsung selama hampir 5 jam sejak pukul 08.00 hingga pukul 12.30 Wita. “Peserta defile itu kita undi, Kabupaten Soppeng sebagai tuan rumah tampil terakhir,” katanya.

Pada Porseni VI PGRI Sulsel ini mempertandingkan 16 cabang olahraga dan seni. “Sebagai ketua PGRI Sulsel, kita tentu bergembira, senang, dan bangga karena Porseni kali ini mendapatkan dukungan, perhatian yang antusias dari para kepala daerah se-Sulsel,” kata Prof Hasnawi.

Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman mengucapkan terima kasih kepada Bupati Soppeng Andi Kaswadi Razak, Ketua PGRI Sulsel Prof Hasnawi Haris yang telah melaksanakan kegiatan ini dan telah berkenan menjadi tuan rumah Porseni PGRI ke- VI Tingkat Provinsi Sulsel. “Alhamdulillah kegiatannya berlangsung sangat meriah karena dihadiri puluhan ribu guru yang ada di Sulsel,” kata Andi Sudirman.

Apresiasi juga ia sampaikan atas kehadiran Ketua Umum PGRI yang telah menyempatkan hadir langsung pada Pembukaan Porseni PGRI di Kabupaten Soppeng. “Ibu Ketum ini selalu menjadi tempat koordinasinya bapak Presiden RI terkait nasib guru karena guru memiliki jasa dalam mencerdaskan anak bangsa,” tuturnya. (*)

News Feed