English English Indonesian Indonesian
oleh

Pupuk Organik Cair Solusi Hemat Petani

MAKASSAR, FAJAR — Membuat pupuk organik menjadi solusi yang tepat bagi para petani. Selain murah, pupuk organik sangat mudah untuk dibuat oleh para petani.

Guru Besar Universitas Hasanuddin (Unhas), ‪Prof Dorothea Agnes Rampisela‬, mengatakan, pupuk organik sangat mudah dijangkau oleh para petani.

“Pupuk organik itu mudah dibuat dari sisa jerami, sisa-sisa tanaman, semua bisa dipakai bahkan sampah dapur juga bisa,” ungkap Prof Agnes.

Selain itu, kondisi lahan atau tanah para petani berada dalam kondisi yang sudah memburuk. Hal ini dikarenakan sudah terlalu sering menggunakan pemupukan kimia yang merusak unsur hara dalam tanah tersebut.

“Sebenarnya kondisi lahan padi itu berada dalam kondisi yang sudah jenuh. Berapapun pupuk ditambahkan sebenarnya hampir tidak ada pengaruhnya lagi. Karena sudah kekurangan bahan organik,” papar Dosen Departemen Ilmu Tanah Unhas ini.

Maka, jika petani rajin memberikan pupuk organik, kebutuhan serta ketergantungan akan pupuk kimia akan perlahan berkurang.

“Jadi itu kan bisa mengurangi banyak. Petani cukup setengahnya saja (menggunakan pupuk kimia). Jadi memang harus diusahakan untuk menggunakan pupuk organik lebih banyak,” tambah Prof Agnes.

Mendorong penggunaan pupuk organik merupakan strategi yang lebih baik dan tepat bagi para petani.

“Kalau dia (petani) punya bahan organik cukup, maka dia tidak perlu banyak pupuk kimia yang digunakan. Sedikit saja sudah berpengaruh dan pupuk organik itu mudah dibuat sendiri oleh petani. Jadi itu memang satu strategi yang lebih baik menurut saya ya,” jelasnya.

News Feed