English English Indonesian Indonesian
oleh

Budaya Inovasi SDM Perbankan Hadapi New World (2-Selesai)

Dalam upaya menerapkan beberapa konsep dan strategi utama tersebut maka managemen SDM BRI menerapkan Budaya Inovasi (Culture of innovation) di BRI yang diimplementasikan melalui Fungsi Organisasi di Struktur Direktorat Change Management dan Peran Human Capital melalui Talent Management yang dalam operasionalnya dilaksanakan oleh beberapa divisi dalam struktur organisasi yang disusun secara terkait, bersinergi, dan kolaboratif. 

Selanjutnya, sebagai implementasi dari budaya inovasi (Culture Innovation) dan program rekoknasi (Recognation program), manajemen BRI melakukan melalui Applikasi Talent Management (Brilliance), dimana setiap individu dapat menentukan career aspiration yang tercatat melalui aplikasi dan akan ditentukan berdasarkan matching-level sesuai dengan profile dan atribute yang dibutuhkan.

Attribute termasuk didalamnya diberikan kepada pekerja BRI yang menjuarai Innovation Contest, kemudian direcord di applikasi BRILLIANCE sebagai bentuk recognition dalam bentuk badge. 

Akhirnya, Memperhatikan strategi BRI dalam mengoptimalkan peran SDM mereka dalam membangun dan mengembangkan orgnisasi bisnis perbankannya melalui peran divisi Human Capital Development tersebut, tampaknya dapat menjadi referensi berharga untuk diketahui dan dipelajari  oleh pihak perbankan lainnya, khususnya BPD dalam upaya terus dapat berusaha dan berbenah lebih baik, namun tentu dalam format berbeda sesuai dengan kondisi dan faktor penentu strategis yang dihadapi. Semoga bisa. (*)

News Feed