English English Indonesian Indonesian
oleh

Mahasiswa Pendidikan Sejarah UNM Praktik Lapangan di Toraja

FAJAR, TORAJA-Mahasiswa Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum (FIS-H) Universitas Negeri Makassar melaksankan praktik lapangan di Tana Toraja dan Toraja Utara.

Kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari, 12-14 Mei 2023 ini diikuti 35 mahasiswa yang memprogramkan mata kuliah Sejarah Kebudayaan Indonesia di bawah dosen penanggung jawab Prof Jumadi dan Amirullah.

Selama tiga hari itu, mahasiswa akan mengunjungi delapan situs bersejarah di Toraja yang memiliki keunikan dan menyimpan sejuta ragam budaya seperti aluk tudolo dan rambu tuka.

“Sehingga menjadi pilihan objek untuk dilakukan studi di situs Lemo, Londa, museum Bontokalando, situs bori megalitik, pembuat sarung, ukiran toraja, situs swaya baby gribe, dan tongkonan Kete Kesu,” kata Amirullah, selaku dosen pembimbing.

Amirullah mengungkapkan, sebelum berangkat melakukan praktik, mahasiswa terlebih dahulu diberikan pengarahan oleh Wakil Dekan Bidang Akademik, Muhammad Syukur. Ia berpesan agar mahasiswa senantiasa menjaga kekompakan nilai-nilai akademik selama di Toraja.

Muhammad Syukur juga berharap, setelah kelapangan mahasiwa dapat menghasilkan karya. “Bukan hanya laporan saja, namun bisa menghasilkan satu karya artikel yang dipublikasikan di jurnal trakreditasi Sinta. Bahkan bisa menjadi modul atau buku ajar,” harapnya. (mum)

News Feed