English English Indonesian Indonesian
oleh

Kisah Nur Farida, Mengais Rupiah di Trotoar, Kerap Dipersoalkan Satpol

Diberitakan tahun ini, Kota Makassar terpilih sebagai kunjungan para Kepala Daerah dari seluruh Indonesia dalam peringatan Hari Otonomi Daerah (OTDA) XXVII. Agenda bagi para Kepala Daerah ini berlangsung di Anjungan Pantai Losari Makassar, Sabtu (29/04/2023). Ribuan orang diprediksi hadir. Seminggu sebelum agenda itu digelar, di antara pedagang beredar kabar bahwa mereka tidak boleh berjualan sama sekali selama agenda berlangsung yang disampaikan oleh Satpol PP. Kabar lainnya menyebut bahwa para pedagang tidak boleh berjualan di trotoar karena bisa menghalangi para pejalan kaki.

”Saya berhak bicara karena foto saya yang ada didalam selembaran itu, saya memohon kepada petugas waktu saat diberitahukan paling lambat seminggu sebelum kunjungan itu dilaksanakan agar trotoar jalan bisa steril jangan pada saat hari itu kunjungan dan hari itu juga diberitahukan,” Ungkap Ibu Nur Farida pada saat berjualan di Jalan Urip Sumoharjo Makassar. Jum’at 28 April.

Akhirnya Ibu Nur Farida memutuskan untuk berjualan di halaman rumah sementara hingga waktu yang telah ditentukan oleh petugas Satpol PP dikarenakan takut mendapatkan teguran/pelanggaran saat masih berjualan di trotoar pada saat kegiatan berlangsung di Kota Makassar. Namun, setelah kegiatan itu berakhir Ibu Nur Farida bisa berjualan kembali di tempat semula seperti biasanya. (*)

Riza Tharizzah Maldhani

Mahasiswa Ilmu Komunikasi, Universitas Negeri Gorontalo (UNG) yang sedang magang FAJAR. Tulisan ini untuk memenuhi tugas membuat “FEATURE”.

News Feed