English English Indonesian Indonesian
oleh

Siswa Antusias Ikut Pelatihan Pembentukan Karakter Kebangsaan “MARITIM”

FAJAR, MAKASSAR-Siswa SMK Negeri 6 Pangkep antusias mengikuti pelatihan Pembentukan Karakter Kebangsaan di Hotel Mattampa Inn Pangkep, Minggu, 7 Mei. Pelatihan itu dilaksanakan Departemen Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Hasanuddin (Unhas) dengan membekali siswa dengan pendidikan karakter model Welenrengnge.

Ketua Pelaksana Prof AB Takko Bandung menjelaskan, ini bagian dari pengabdian kepada masyarakat sesuai Tri Darma Perguruan Tinggi. Pelatihan Penumbuhan dan Pembentukan Karakter dengan model “MARITIM” yaitu, Manusiawi, Arif, Religius, Inovatif, Tangguh, Integritas dan Mandiri (MARITIM). “Kita harap mereka mampu mengaplikasikannya di dalam bermasyarakat,” ujar Guru Besar Unhas kelahiran Tanru Tedong, 31 Desember 1965 ini.

Kata dia, pendidikan karakter merupakan suatu desain program yang di dalamnya terdapat tindakan bersifat mendidik yang diperuntukan bagi generasi pelanjut. Pendidikan karakter bertujuan untuk membentuk penyempurnaan diri manusia baik secara individu maupun secara kolektif dan dilakukan terus-menerus melatih kemampuan diri demi menuju kehidupan yang berkarakter. “Dengan model Welenrengnge hal itu dapat dicapai,” ujarnya. (*/)

News Feed