English English Indonesian Indonesian
oleh

Perjuangan Azis, Pria Paruh Baya dengan Wajah Penuh Benjolan

BONE, FAJAR–Derita mendera hidup Abdul Azis. Kanker kulit menyerang wajahnya.

Benjolan di sekujur tubuh menutupi kulit tuanya yang sudah renta. Pria paruh baya yang berasal dari Kabupaten Bone ini mengidap penyakit yang diduga kanker kulit. Benjolan-benjolan ini disebabkan oleh penyakit yang disebut neurofibromatosis.

Sesuai namanya, tumor jinak yang disebut neurofibroma itu menyerang saraf yang ada di seluruh permukaan tubuh. Hal ini membuat tubuh dipenuhi benjolan tumor jinak, dan memunculkan julukan seperti “manusia gelembung”, “manusia belalai”, hingga “manusia mutan” karena wajah mereka yang tampak aneh dan tidak biasa.

Pria yang kerap disapa Assi ini sudah memiliki benjolan ini sejak usia 20-an. Benjolan yang awalnya hanya serupa bentol dan terasa gatal, saat digaruk justru makin banyak jumlahnya. Hingga ada yang besar-besar, hampir menyelimuti seluruh tubuh hingga wajahnya.

Dengan benjolan yang tersebar di seluruh tubuh, Assi tetap berusaha untuk menafkahi dirinya yang tinggal sebatang kara. Walaupun ia mendapatkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari pemerintah, bukan berarti tidak perlu bekerja.

Menurutnya, bantuan dari pemerintah tak serta merta menjadikan diri kita malas. Menggarap sawah dan memberi makan ayam menjadi kegiatan sehari-hari untuk menghidupi dirinya.

Dengan kondisinya yang seperti sekarang, tidak sedikit orang yang takut, terutama anak kecil. Banyak yang mengira bahwa ia mengidap penyakit yang mengerikan. Namun, hal itu sudah dianggap seperti angin lewat.

Assi sempat melakukan operasi untuk menghilangkan benjolan yang menutupi tubuhnya, namun hal tersebut membutuhkan waktu yang cukup lama sebab mesti dilakukan dengan pengangkatan tumor satu per satu, sementara benjolan di tubuhnya tak dapat dihitung jari.

News Feed