English English Indonesian Indonesian
oleh

Timnas Indonesia Melenggang ke Piala Asia Ditentukan oleh Negara-negara Ini, Ada Malaysia Juga!

Kedua hitung-hitungan di atas hanya berlaku jika Kuwait mennag dengan selisih satu gol. Andai Kuwait menang minimal dengan selisih dua gol, Indonesia hanya butuh menang 1-0 untuk setidaknya menjadi runner up grup.

Selanjutnya berhitung poin dengan grup lain untuk menentukan siapa yang lolos. Kalau ingin juara Grup A, Indonesia jelas harus menang besar agar bisa unggul selisih gol atas Kuwait.

Kalau Kuwait ternyata kalah atau imbang, ini akan lebih menguntungkan bagi Indonesia. Pasalnya, Indonesia sudah bisa menjaga peluang lolos hanya dengan hasil imbang karena unggul head to head. Namun, sekali lagi, itu bergantung grup lain.

Pada skenario Kuwait imbang atau kalah dan Indonesia juga imbang, maka Tim Garuda harus berhitung dengan runner up Grup B dan E. Dalam hal ini, Indonesia kemungkinan besar akan bersaing dengan Filipina dan Malaysia.

Mengingat Malaysia hanya akan menghadapi Bangladesh dan tampil di kandang, persaingan menghadapi runner up Grup E bakal berat. Sebaliknya, peluang mengalahkan Filipina sangat terbuka dalam perhitungan akhir runner up terbaik. Itu karena Filipina akan menghadapi tim terkuat Grup B, Palestina di tempat netral.

Yaman juga masih punya peluang lolos ketika Filipina kalah. Syaratnya, mereka harus menang minimal lima gol atas Mongolia di grup B kalau ingin mengungguli Indonesia. Jika, hanya empat gol, mereka akan tersingkir.

Dalam skenario Filipina kalah dan Yaman menang maksimal empat gol, ketiga negara sama-sama mengoleksi poin empat. Akan tetapi Indonesia unggul selisih gol atas Yaman dan lebih baik dalam hal produktivitas gol dibandingkan Filipina jika mereka hanya kalah satu gol dari Palestina yang menjadi tim terkuat Grup B.

News Feed