English English Indonesian Indonesian
oleh

Timnas Indonesia Melenggang ke Piala Asia Ditentukan oleh Negara-negara Ini, Ada Malaysia Juga!

FAJAR, MAKASSAR–Kepastian lolosnya Timnas Indonesia ke Piala Asia 2023 bukan hanya ditentukan hasil kontra Nepal. Pada laga terakhir Grup A Pra Piala Asia, Indonesia akan menghadapi tim terlemah, Nepal.

Indonesia bisa melenggang ke putaran final atau gagal juga tergantung pada hasil laga Yordania versus Kuwait. Bukan sekadar tentang siapa yang menang atau kalah, skor akhir juga akan ikut berpengaruh.

Khususnya ketika Kuwait ternyata mampu mengalahkan Yordania. Tetapi, dengan catatan Indonesia juga mengalahkan Nepal.

Andai Yordania kalah 0-1 dan Indonesia mengalahkan Nepal, maka Tim Garuda akan lolos bersama Kuwait dengan catatan menjadi salah satu dari lima runner up terbaik. Itu karena ketiga negara akan sama-sama mengoleksi enam poin.

Dalam skenario ini, hasil pertandingan kontra Nepal akan diabaikan dan penghitungan poin hanya melibatkan tiga negara dalam klasemen mini. Karena ketiga negara saling mengalahkan dengan selisih satu gol, secara otomatis selisih gol akan sama-sama 0.

Dengan demikian, penentuan lolos diputuskan melalui penghitungan produktivitas gol. Karena Indonesia menang 2-1 atas Kuwait, secara otomatis Tim Garuda punya produktivitas gol 2 (2-2). Demikian juga dengan Kuwait. Sementara Jordania, mereka hanya punya 1 gol (1-1).

Sebaliknya, jika Kuwait menang 2-1, Indonesia dipastikan tersingkir. Cara menghitungnya sama. Kuwait akan memiliki produktivitas gol 3 (3-3), sementara Jordania punya produktivitas gol 2 (2-2). Jordania menjadi runner up grup sebab mereka unggul head to head atas Indonesia.
Penghitungan sama juga berlaku ketika skor 3-2, 4-3, dan seterusnya. Indonesia dipastikan tersingkir.

News Feed