English English Indonesian Indonesian
oleh

Banyak Proyek Besar, tapi Tender Lelet, Tunggu Musim Hujan Akhir Tahun? Kerjanya Buru-buru Dong!

Pagu anggaran pembagunan jalan tersebut senilai Rp67 miliar dengan total luasan 115,966 meter persegi. Sementara rehabilitasi jalan Rp61 miliar dengan total luasan 105,586 meter persegi.

Kaji Ulang

Plt Kabid Prasarana Gedung Pemerintah PU Makassar Hajar Aswad mengatakan untuk gedung MPP sendiri masih dalam proses kaji ulang Manajemen Konstruksi (MK).

“Untuk fisik sendiri masih menunggu fixed-nya MK ini. Ketika sudah, maka baru bisa jalan,” kata Hajar. Pasalnya, dalam MK akan ditentukan mana yang mau dibanguni terlebih dahulu.

“Dari sekarang, kan, sisa tujuh bulan mami, setelah diproses baru diketahui fisiknya kapan dan apa yang dikerjakan terlebih dahulu dalam lima bulan ke depannya. MK bulan enam selesai, jadi sekitar bulan tujuh dan delapan. Tetapi kita tunggu saja MK, biar tahu teknisnya seperti apa,” paparnya.

Ketika dikerjakan pada Juli, maka pengerjaan itu merupakan pengerjaan tahap pertama. Lantaran, MPP merupakan proyek multiyears dengan durasi dua tahun.

Tidak jauh beda, Gedung Dekranasda juga masuk dalam pembangunan fisik tahun ini. Perencanaannya sudah selesai, tinggal tunggu MK juga.

Bedanya, gedung yang diperuntukkan untuk PKK hingga kegiatan ekonomi seperti UKM ini ditarget selesai tahun ini.

Gedung ini dianggarkan Rp20 miliar, dengan konstruksi mencapai lima lantai. Luasnya sendiri ia, belum hapal pasti.
“Tidak terlalu rumit, jadi bisa selesai akhir tahun,” jelasnya.

Sudah Setor

Kepala Dinas PU Makassar Zuhaelsi Zubir mengatakan dokumen-dokumen lelang untuk pengerjaan fisik itu sudah lama disetor ke Unit Layanan Pengadaan (ULP). Bahkan, usulan paket pekerjaan sudah melalui proses review.

News Feed