English English Indonesian Indonesian
oleh

BUMN Jadikan Stadion sebagai Gudang, Tak Bayar Sewa Pula

FAJAR, MAKASSAR— Stadion Mattoanging, Makassar, dipenuhi material. Dikhawatirkan mengganggu pembangunannya.

Material itu milik BUMN Waskita Karya. Diperuntukkan untuk pembangunan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Losari.

Material itu khusus untuk proyek Waskita yang dikerjakan di beberapa titik sekitar Stadion Mattoanging. Untuk efisiensi pengeluaran dan menghindari sewa gudang, material itu ditumpuk di lahan stadion.

Pantauan FAJAR di lokasi sekitar pukul 13.31 Wita, Rabu, 11 Mei 2022, tampak aktivitas truk dan alat berat. Terdapat tiga truk pengangkut, dua unit alat berat besar, dan tiga unit berukuran kecil.

Material beton seperti gorong-gorong (untuk manhole) dan pasir timbunan menggunung di beberapa titik. Plus bebatuan dan besi berserakan.

Untuk jalur yang dilalui truk dan alat berat, beberapa titik tergenang air saat hujan. Berlubang. Ketika musim kemarau jalur baru itu mengeras, berdebu, dan menggunduk.

Tidak hanya dilalui kendaraan, beberapa pejalan kaki seperti siswa-siswi dari sekolah sekitar stadion juga melewatinya sebagai jalan pintas. Di bagian lain, ada tiga truk terparkir.

Aktivitas proyek terlihat tak terlalu padat, beberapa mobil pengangkut mondar-mandir. Para pekerja juga dengan pakaian proyek lengkap helm seperti sedang mengelas besi. Beberapa darinya mengangkut barang ke dalam mobil angkutan.

Di bagian utara, ada basecamp untuk pekerja yang bertenda. Sayangnya tiga kubangan besar di jalanan belum ditimbun. FAJAR yang mencoba melewati beberapa titik agak dalam dan ada juga beberapa genangan kecil lainnya.

News Feed