English English Indonesian Indonesian
oleh

Cerita Sunarti, Pengusaha Olahan Kepiting yang Berhasil Mengekspor Lewat Bantuan KUR

FAJAR, BARRU — Sunarti, sosok pebisnis perempuan yang berhasil mengembangkan bisnisnya lewat bantuan kredit usaha rakyat (KUR). Bahkan hasil produksinya berhasil diekspor ke beberapa negara.

Sunarti merupakan salah satu pelaku UMKM di Kabupaten Barru yang bergerak di bidang makanan jadi, klaster usaha olahan kepiting. Berkat binaan dan bantuan dari KUR BRI, Sunarti berhasil meningkatkan omzetnya.

Sunarti juga berhasil mengekspor olahan kepitingnya hingga ke Amerika. Ia mengaku sebelum mengambil KUR di BRI, omzetnya hanya Rp50 juta per bulan.

Setelah mengambil KUR di BRI dan mendapatkan binaan dari BRI, omzetnya mencapai Rp500 juta hingga Rp600 juta per bulan. “Alhamdulillah, kami juga bisa mempekerjakan 25 karyawan membantu warga sekitar,” ucap Sunarti, Rabu, 24 April 2024.

“Kami ucapkan sangat berterima kasih banyak kepada BRI telah membantu mengembangkan bisnis ini,” lanjut Sunarti yang memulai bisnisnya pada 2010 lalu.

KUR merupakan program pemerintah dalam mendukung UMKM yang berupa kebijakan pemberian kredit pembiayaan modal kerja atau investasi kepada debitur yang produktif dan layak, namun belum memiliki agunan tambahan atau agunan tambahan belum cukup.

Bank BRI Makassar sukses menyalurkan kredit usaha rakyat (KUR) pada 2023 lalu dengan total Rp17,586 triliun yang meliputi wilayah Sulsel, Sulbar, Sultra, dan Maluku.

Untuk di Kabupaten Barru, Bank BRI berhasil menyalurkan KUR sebanyak Rp386.941.407.856 dari 7.896 UMKM.

Pimpinan Cabang BRI Barru David Richardo Gultom, mengungkapkan, bahwa peran BRI memberi modal usaha berupa KUR sehingga usaha mereka dapat berkembang. “Kami juga bantu berupa freezer untuk olahan kepiting ini,” ucapnya.

News Feed