English English Indonesian Indonesian
oleh

Pakai Drum, Pengadaan Alat Peraga di Pangkep Habiskan Ratusan Juta

FAJAR, PANGKEP- Pengadaan Alat Peraga Edukatif (APE) di Kabupaten Pangkep menelan anggaran sebesar Rp947 juta, diborong oleh satu perusahaan CV Kallolo Utama Karya untuk enam TK dengan nilai untuk satu TK sekitar Rp158 juta melalui DAK 2023.

Pantauan di lapangan, terdapat alat peraga yang hanya menggunakan drum, seperti drum minyak yang disambung antar drum yang satu untuk item terowongan bermain anak, kemudian playground yang juga menggunakan drum dengan total anggaran mencapai Rp158 juta itu.

Kepala Bidang Pembinaan PAUD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pangkep, Andi Haslinah mengatakan bahwa, playground yang dimaksud berada di luar ruangan dengan sejumlah item produk lainnya. Item playground sendiri disebut berbeda dengan item produk lainnya, seperti ayunan, jungkat jungkit dan terowongan anak yang juga memakai bahan dari drum.

“Iya ada beberapa itemnya. Untuk kategori item playground itu juga diluar, sementara ada juga trampolin di dalam ruangan dan sepeda anak,” katanya.

Terpisah, Kepala Bagian ULP Pangkep, Sofyan menyampaikan bahwa, perusahaan yang memborong pengadaan alat peraga itu memang tunggal dan telah mengantongi Nomor Induk Berusaha (NIB) untuk pengadaan alat permainan. 

“Iya jadi memang perusahaan itu juga punya NIB, jadi ada beberapa kategori usaha yang dia jalankan, termasuk untuk pengadaan alat permainan atau alat peraga,” katanya.(fit)

News Feed