English English Indonesian Indonesian
oleh

Kopidukasi Kembali Gelar Pelatihan, Kali ini Mengenai Coffee Cupper Master Class

MAKASSAR, FAJAR — Lembaga pelatihan resmi di Indonesia LKP LPK Kopidukasi menggelar pelatihan ketiganya untuk para master class coffe yang ada di Sulsel.

Ada 16 orang peserta terpilih yang mengikuti pelatihan. Kali ini khusus untuk coffee cupper master class.

Diajarkan dan dilatih langsung oleh research coffee dari Bandung yang juga Q Arabika Grader, Restu Dewa. Pelatihan dilaksanakan di Grand Sierra Hotel Jl Gunung Latimojong. Senin, 22 April 2024.

Direktur Utama LKP LPK Kopidukasi, Irsan Yumenk mengatakan, ini adalah agenda ketiga di tahun 2024. Januari lalu ada roasting master class, lalu Februari ada latte art master class dan sekarang April ada copper master class.

“Nah kegiatan ini kami ada 16 orang peserta terpilih dari Makassar, Barru, dan Soppeng. Setiap kelas itu dibatasi maksimal 16 orang. Mengapa, agar kelasnya lebih berkualitas dan privat,” ucapnya.

Kata Irsan, mereka ini termasuk yang sudah lama menjadi barista namun mau menambah ilmu. Bahkan ada juga dari owner kedai kopi, salah satunya pemilik Brood Bakery.

“Ada banyak assesor dan instruktur yang ikut, sebab mereka mau mengupgrade keahliannya. Hal ini fundamental diketahui, karena untuk jadi barista harus cupping kopi, jadi barista juga demikian,” ucapnya.

Kalau untuk master class ini memang dikhususkan bagi mereka yang sudah punya pengalaman. Pelatihan ini dilakukan sehari dengan durasi waktu lima jam.

“Nah kalau Mei kita mau buat lagi untuk master class. Cuma memang dirolling dan lokasinya bakal dilakukan di tempat lain lagi. Rencananya materinya khusus mengenai teh,” lanjutnya.

News Feed