English English Indonesian Indonesian
oleh

Fakultas Hukum Unhas Bangun Gedung Justice Tower Sembilan Lantai

FAJAR, MAKASSAR-Fakultas Hukum Unhas merayakan puncak perayaan Dies Natalis ke-72 pada Sabtu, 20 April 2024. Dalam perayaan Dies Natalis ini, Fakultas Hukum Unhas mengusung tema “Supremasi Hukum untuk Indonesia Emas 2045”.

Acara puncak berlangsung di Fakultas Hukum Unhas, Jl. Perintis Kemerdekaan KM. 10, dimulai dari Fun Run 5K & Senam Aerobic hingga Penandatanganan Prasasti Sarana dan Prasarana serta Peletakan Batu Pertama Justice Tower. Pembangunan Justice Tower direncanakan 9 lantai.

Dekan Fakultas Hukum Unhas, Prof Hamzah Halim menyatakan, tema “Supremasi Hukum untuk Indonesia Emas 2045” mencerminkan harapan besar terhadap perkembangan hukum di Indonesia. “Tanpa adanya supremasi hukum, saya rasa mimpi bangsa Indonesia Emas 2045 akan sulit tercapai. Karena itu, sejak awal, pendiri bangsa kita telah menetapkan bahwa negara kita adalah negara hukum,” jelasnya.

Prof Hamzah berterima kasih atas dukungan para alumni dan partisipasi dalam Dies Natalis tersebut. “Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada alumni, ada yang telah menyumbangkan Rp1,7 miliar untuk pembangunan Justice Tower dan dukungan lainnya pun diharapkan. Semoga ini menjadi amal jariah yang berkelanjutan,” tambahnya.

Rektor Unhas, Prof Jamaluddin Jompa menyatakan, Dies Natalis merupakan kesempatan untuk memperkuat silaturahmi dan membangun ikatan baru. “Di acara ini, kami juga melihat banyak calon pemimpin masa depan yang hadir, dan kita harus doakan dan berikan suport,” ungkap Prof JJ sapaannya.

Dia menyampaikan, terima kasih kepada pihak-pihak yang memberikan bantuan atas dalam pembangunan Justice Tower. “Saatnya Hukum bersiap-siap mengambil peran penting dengan memiliki gedung yang representatif. Semoga Justice Tower dapat mencapai 19 lantai, tapi kalau berkurang 1, jadi sisa 9 lantai,” candanya.

Bukan hanya itu, Fakultas Hukum Unhas, dia diharapkan dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam pengembangan sumber daya manusia dan program-program kajian hukum di pemerintahan. Unhas pun siap untuk berkontribusi dalam tata kelola negara dan penegakan hukum, terutama dalam aspek produk-produk hukum yang diperlukan.

Sementara Ketua IKA Unhas Sulsel dan Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto turut mengucapkan selamat atas Dies Natalis Fakultas Hukum Unhas. Pemerintah kota kata dia, sangat mengharapkan kontribusi para alumni Hukum Unhas dalam memajukan pemerintahan, karena kemajuan suatu pemerintahan sejalan dengan keberadaan produk-produk hukum yang kuat.

Peletakan Batu Pertama

Justice Tower dibangun di Fakultas Hukum Unhas, tepat depan Ramsis tak jauh dari jalan. Gedung sembilan lantai itu dimulai dengan peletakan batu pertama Rektor Unhas Prof Jamaluddin Jompa, kemudian Kepala Kejaksaan Tinggi Sulsel, Agus Salim; Pimpinan KPK, Johanis Tanak; Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto; staf ahli Gubernur Sulsel, dan Ketua Majelis Wali Amanat Prof. Dr. Andi Alimuddin Unde, serta Dekan Fakultas Hukum Unhas, Prof Hamzah Halim. Pada momen peletakan batu pertama itu, Kepala Kejaksaan Tinggi Sulsel, Agus Salim mengenang masa kuliahnya di Unhas.

“Kemarin, saya baru saja menghadiri sidang promosi doktor di Fakultas Hukum, sebelum saya masuk, saya kembali ke memori saya tahun 1994, saat saya menyelesaikan kuliah saya di Fakultas Hukum,” tuturnya. Dia pun bangga atas pencapaian Fakultas Hukum hingga saat ini. (*/ham)

News Feed