English English Indonesian Indonesian
oleh

BPTD Kelas II Sulsel Monitoring Pemantauan Arus Balik Lebaran di Pelabuhan Bajoe

BONE, FAJAR — Kepala BPTD Kelas II Sulsel Direktorat Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan RI, melaporkan bahwa arus balik mudik Lebaran 1445 Hijriyah di Pelabuhan Penyeberangan Bajoe, Bone, berjalan lancar dan terkendali.

Hal ini menjadi indikator kesuksesan rangkaian operasional angkutan Lebaran yang telah dipersiapkan dan dijalankan dengan matang oleh berbagai pihak. Sampai hari ini jumlah penumpang sebesar 3.285 orang dan penambahan menjadi empat trip di masa angkutan Lebaran 1445 H.

“Kami bersyukur atas kelancaran arus balik mudik Lebaran tahun ini dan kami akan terus melakukan pengawasan keselamatan dan meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat,” ujar Kepala BPTD Kelas II Sulsel, Bahar, ST, MT, Kamis, 18 April 2024.

“Ini adalah hasil dari kerja keras, koordinasi, dan sinergitas yang baik antara operator transportasi, dan instansi terkait lainnya,” sambungnya.

Ia mengapresiasi kesabaran dan kerja sama masyarakat selama mengikuti proses mudik dan arus balik ini. Serta terus melakukan langkah-langkah penanganan pengawasan dan keselamatan agar tidak terjadi lonjakan.

“Keberhasilan ini adalah bukti komitmen bersama untuk memastikan bahwa tradisi mudik dapat dilaksanakan dengan aman dan nyaman,” imbuhnya.

Kementerian Perhubungan terus menganalisis dan mengevaluasi seluruh operasi mudik tahun ini untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan di masa yang akan datang.

Capaian Utama dalam Arus Balik Mudik Lebaran 1445 H:

  1. Tingkat Keamanan Tinggi
    Berkat peningkatan keamanan dan pengawasan, tidak tercatat insiden besar yang mengganggu arus balik. Pengamanan yang ditingkatkan di semua titik krusial telah memastikan perjalanan kembali pemudik berjalan aman.
  2. Kelancaran Lalu Lintas
    Penerapan rekayasa lalu lintas dan optimalisasi penggunaan jalur-jalur utama telah berhasil mengurangi kemacetan signifikan, membuat perjalanan balik lebih cepat dan nyaman bagi para pemudik.
  3. Pelayanan Publik yang Responsif
    Pusat Komando Lebaran Kemenhub telah berhasil menangani berbagai aduan dan permintaan informasi dari masyarakat, menunjukkan tingkat responsivitas dan kesiapsiagaan yang tinggi.
  4. Sinergi Antar Lembaga
    Kerja sama antara Kemenhub, kepolisian, dan pemerintah daerah terbukti efektif dalam mengatur dan mengelola arus balik, menunjukkan pentingnya koordinasi lintas sektor. (uca)

News Feed