English English Indonesian Indonesian
oleh

UMI Peringati Nuzululqur’an Sekaligus Lantik Pengurus MT Ukhuwah

MAKASSAR, FAJAR — Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar, menggelar peringatan nuzulul qur’an dirangkaikan dengan beberapa agenda.

Di antaranya melantik pengurus baru Majelis Taklim (MT) Ukhuwah UMI, Kegiatan ini berlangsung di Auditorium Al-Jibra Kampus II UMI, Kamis, 28 Maret 2024.

Rektor UMI, Prof Sufirman Rahman mengatakan, peringatan nuzulul qur’an Bukan hanya sekadar membaca tekstualnya, tapi secara konstektual. Jadi dari bacaan itu bisa meneliti dan mengkaji kebenaran ilmu pengetahuan seutuhnya.

“Makna dari nuzulul qur’an tentu dengan perintah membaca tidak pernah mati. Setiap tahun diperingati, itu berarti bahwa kita memperbaharui semangat,” ucapnya.

Kata Guru Besar Ilmu Hukum itu, dibaca, baik yang tersembunyi atau rahasia, dibelakang layar, juga bisa mengkaji, meneliti, dan mengungkap ilmu pengetahuan.

“Kalau untuk pelantikan majelis taklim ini, yang dilantik sekaligus diharapkan untuk mampu mengamalkan semangat membaca juga,” ucapnya.

Ketua Yayasan Wakaf UMI, Prof Masrurah Mokhtar mengatakan, intinya makna nuzulul qur’an di bulan Ramadan sangatlah penting bagi setiap umat muslim.

“Pasalnya nuzulul qur’an itu sendiri merupakan peristiwa diturunkannya kitab suci Al-Qur’an untuk pertama kali kepada junjungan besar umat muslim, yakni Nabi Muhammad saw,” ucapnya.

Ketua MT Ukhuwah UMI, Cut Juwita mengatakan, MT Ukhuwah UMI ingin ditingkatkan kembali dengan forum pendidikan dan dakwah yang bertujuan menambah kualitas, kreativitas pengurus dan anggota dalam meningkatkan kesalehan, spiritual dan sosial.

News Feed