English English Indonesian Indonesian
oleh

Pengiriman Rahasia 100 Ribu Senjata ke Israel Terungkap, Prancis Dituduh Lakukan Skandal Besar

FAJAR, PARIS—Anggota parlemen sayap kiri Prancis Mathilde Panot melontarkan tuduhan pedas terhadap pemerintah pada hari Rabu atas keterlibatannya dalam memasok senjata ke Israel untuk kemungkinan digunakan di Gaza.

Klaim wakil ketua kelompok partai La France Insoumise ini berdasarkan laporan dari situs penelitian Prancis Disclose dan surat kabar independen Marsactu yang konon mengungkap pengiriman rahasia lebih dari 100.000 butir senapan mesin ke Israel pada Oktober 2023.

Dikutip dari Anadolu Agency, Panot menegaskan bahwa pengungkapan ini bertentangan dengan jaminan sebelumnya yang diberikan oleh para pejabat Prancis termasuk Menteri Pertahanan Sebastien Lecornu dan juru bicara pemerintah Prisca Thevenot, yang telah meyakinkan anggota parlemen bahwa pengiriman Prancis ke Israel semata-mata untuk tujuan pertahanan, khususnya untuk sistem pertahanan rudal Iron Dome.

Jaminan tersebut dikecam Panot sebagai “kebohongan” dan mengutuk kerahasiaan pemerintah seputar dugaan transfer senjata, serta mengecam potensi penggunaan amunisi buatan Prancis terhadap warga sipil di Gaza.

Menyoroti jumlah korban tragis dari serangan di Gaza terhadap orang-orang yang menunggu bantuan kemanusiaan, Panot mengklaim bahwa peluru yang disediakan oleh Prancis digunakan dalam serangan tersebut, yang mengakibatkan lebih dari 100 korban jiwa dan 760 luka-luka.

Dia menegaskan bahwa keterlibatan Prancis dalam insiden tersebut membuat mereka terlibat dalam krisis yang sedang berlangsung di Gaza, dan menyebutnya sebagai “skandal besar.”

News Feed