English English Indonesian Indonesian
oleh

FKG Unhas Sosialisasi Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual, Prof Farida Tekankan Peran Mahasiswa

FAJAR, MAKASSAR-Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Hasanuddin menyelenggarakan sosialisasi terkait upaya Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual. Kegiatan yang menghadirkan Ketua Satuan Tugas Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual Unhas Prof. Dr. Farida Patittingi, SH., M.Hum, berlangsung mulai pukul 10.00 Wita di Ruang Molar FKG Unhas, pada Senin (18/03).

Sosialisasi secara resmi dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Perencanaan, Sumber Daya, dan Alumni FKG Unhas, Dr. Juni Jekti Nugroho, drg., Sp.KG., Subsp., KE (K). Dalam sambutannya, Juni menyambut baik kegiatan ini sebagai langkah awal dalam membangun kesadaran dan tindakan nyata dalam menangani masalah kekerasan seksual.

Prof. Farida dalam presentasinya menyoroti pentingnya identifikasi dini, pendekatan, dan aksi konkret dalam merespons serta mencegah kekerasan seksual. Dia mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang kekerasan seksual, termasuk definisi, tanda-tanda, dan konsekuensi yang mungkin terjadi.

Selain itu, Prof Farida juga memberikan pengetahuan tentang cara mencegah dan mengatasi kekerasan seksual, serta sumber daya yang tersedia untuk korban, mendorong korban untuk melaporkan insiden kekerasan seksual dan memberikan informasi tentang prosedur pelaporan yang aman dan rahasia.

Dia juga menegaskan peran penting mahasiswa, tenaga pendidik serta staf dosen FKG Unhas dalam menciptakan budaya yang menghormati dan melindungi hak-hak setiap individu.

“Keberadaan mereka dalam sosialisasi ini menandakan komitmen bersama dalam menciptakan lingkungan kampus yang aman dari kekerasan seksual,” jelas Prof Farida.

News Feed