English English Indonesian Indonesian
oleh

Meme Ramadan

OLEH: Nurul Ilmi Idrus

Ramadan adalah momen yang sangat ditunggu-tunggu bagi umat Islam yang menunggunya karena dianggap bahwa bulan Ramadan adalah bulan penuh keutamaan dan kemuliaan. Umat Islam memercayai bahwa ibadah yang dilakukan selama bulan Ramadan akan mendatangkan pahala yang berlipat ganda. Salah satu kewajiban yang harus dilakukan di bulan Ramadan adalah berpuasa (QS Al-Baqarah 183). 

Sebagaimana biasanya, saat  Ramadan, atmosfernya terasa dengan berbagai aktivitas yang dilakukan oleh ummat Muslim, dari persiapan mental spiritual individu untuk menjalankan ibadah puasa, ibadah tarawih, dan ibadah-ibadah lainnya (di rumah ataupun di masjid), hingga persiapan menu Ramadan yang  memiliki keistimewaan tersendiri karena umumnya lebih bervariasi. Tak ketinggalan meme-meme terkait juga banyak bermunculan.

Meskipun meme banyak dijumpai di internet sebagai hiburan, meme sendiri sebenarnya tidak berasal dari dunia internet. Dalam bukunya The Selfish Gene, Richard Dawkins (1976), yang merupakan orang yang pertama kali menggunakan istilah meme,  menggunakan meme untuk menggambarkan ide atau perilaku yang menyebar ke seluruh orang dalam suatu budaya. Meme seringkali digunakan untuk mengekspresikan perasaan, sindiran, atau bahkan lelucon, yang biasanya muncul dengan tema yang sedang tren atau aktual. Demikian halnya dengan meme terkait Ramadan.

Ada meme yang berhubungan dengan makanan, misalnya, di siang hari seseorang yang melihat kanebo saja seakan melihat dadar gulung. Jangankan kanebo, saat puasa, melihat anjing sedang berkumpul, seperti melihat ayam goreng tepung. Mau menulis toleransi, yang ditulis malah jadi telor-asin. Oleh karenanya, demi untuk memperlancar buka puasa bersama, maka panitia buka puasa sengaja mengadakan pelatihan buka bersama sekaligus gladi bersih pada pukul 14.00. agar buka puasanya lebih afdol.

News Feed