English English Indonesian Indonesian
oleh

Beternak Dosa

Oleh: Suf Kasman, Dosen UIN Alauddin Makassar

Mengapa orang cenderung berbuat dosa? Laki dan perempuan gemar berkarya dosa, Orang miskin hingga orang kaya tak luput mengerjakan dosa.

Orang berpendidikan memproduksi dosa Orang beragama pun masih ada yang menelurkan dosa ๐˜”๐˜ข๐˜ณ๐˜ฌ๐˜ข๐˜ฉ-nya, rajin ke masjid sambil bergossip ria.

Bahkan, usai shalat tarwih ada yg ambil sandal ๐˜ฃ๐˜ณ๐˜ข๐˜ฏ๐˜ฅ๐˜ฆ๐˜ฅ-nya orang. Ini kan dosa! Malah, ada orang tua, masih doyan memproduksi dosa, Saking tuanya gemar mencetuskan dosa, ๐˜›๐˜ข๐˜ฏ๐˜ช๐˜ข ๐˜•๐˜ข ๐˜๐˜ด๐˜ช๐˜ฏ๐˜ฏ๐˜ข ๐˜š๐˜ช๐˜ฑ๐˜ฑ๐˜ฐ, ๐˜๐˜ด๐˜ช ๐˜‰๐˜ถ๐˜ฌ๐˜ถ๐˜ฏ๐˜ฏ๐˜ข ๐˜•๐˜ข ๐˜š๐˜ช๐˜ฑ๐˜ฑ๐˜ฐ, masih gemar merakit aneka dosa.

Nabi ๏ทบ mengakui: โ€œ๐˜š๐˜ฆ๐˜ต๐˜ช๐˜ข๐˜ฑ ๐˜ข๐˜ฏ๐˜ข๐˜ฌ ๐˜ข๐˜ฅ๐˜ข๐˜ฎ ๐˜ฑ๐˜ข๐˜ด๐˜ต๐˜ช (๐˜ฑ๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ฏ๐˜ข๐˜ฉ) ๐˜ฃ๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ฃ๐˜ถ๐˜ข๐˜ต ๐˜ฅ๐˜ฐ๐˜ด๐˜ข…โ€ (HR. At-Tirmidzi)

๐ƒ๐จ๐ฌ๐š itu apa sih? Kok, tidak kapok-kapoknya orang melahirkan karya dosa, memomokkan. Sampai-sampai ada orang berjaya karena tumpukan & gundukan dosa, timbunan kekayaan yang diperolehnya melalui perilaku jahat (dosa)nya.

๐ƒ๐จ๐ฌ๐š adalah suatu istilah yang digunakan dalam konteks agama bagi melanggar perintah Ilahi. ๐˜š๐˜บ๐˜ข๐˜ฉ๐˜ฅ๐˜ข๐˜ฏ, dosa itu tidak lebih sebagai pemberontakan melawan Hukum Tuhan.

Kini, manusia kian lihai berbuat dosa, lengkap dengan topeng-topeng kemunafikan dan keculasannya. Membuat hati semakin membusuk, kotor nan berkarat, disebabkan aneka jenis dosa dan maksiat yang dikreasikan.

Rasulullah ๏ทบ bersabda : โ€œ๐˜š๐˜ฆ๐˜ต๐˜ช๐˜ข๐˜ฑ ๐˜ฉ๐˜ข๐˜ฎ๐˜ฃ๐˜ข ๐˜ฃ๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ฃ๐˜ถ๐˜ข๐˜ต ๐˜ฅ๐˜ฐ๐˜ด๐˜ข, ๐˜ข๐˜ฌ๐˜ข๐˜ฏ ๐˜ฎ๐˜ถ๐˜ฏ๐˜ค๐˜ถ๐˜ญ ๐˜ต๐˜ช๐˜ต๐˜ช๐˜ฌ ๐˜ฉ๐˜ช๐˜ต๐˜ข๐˜ฎ ๐˜ฅ๐˜ช ๐˜ฉ๐˜ข๐˜ต๐˜ช๐˜ฏ๐˜บ๐˜ขโ€.

Lantas, apa yang terjadi sekiranya setiap pendosa, muncul titik hitam Bukan di hatinya, tapi pindah di wajah-nya? Maha suci Allah telah menutupi aib hamba-Nya. Tiga jerawat nanah saja berbaris di jidat, dirasa amat mengganggu stabilitas โ€˜Nyali Besarโ€™ menuju ๐˜ฃ๐˜ฐ๐˜ญ๐˜ข ๐˜ฃ๐˜ฐ๐˜ต๐˜ต๐˜ช๐˜ฏ๐˜จ. Apatah lagi bila menjadi gundukan jerawat Hitam bermunculan di muka mirip sarang tawon predator.

News Feed