English English Indonesian Indonesian
oleh

APJII Sulampua Libatkan Diri untuk Penguatan dan Pengawasan Infrastruktur Jaringan di Wilayah Sulawesi

MAKASSAR, FAJAR — Badan Pengurus Wilayah APJII Sulawesi Maluku Papua (Sulampua) berkesempatan hadir pada Rapat Koordinasi.

Kali ini dalam rangka Penguatan dan Pengawasan Infrastruktur Jaringan di Wilayah Sulawesi bersama BAKTI Wilayah Kerja VI Makassar, Balai Monitor SFR Kelas I Makassar, BBPSDMP.

Turut hadir Diskominfo Makassar dan Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Sulawesi Selatan di Hotel Mercure Makassar.

Ketua Badan Pengurus Wilayah APJII Sulampua, Abdul Malik menyampaikan jika kali ini mereka harap dapat melakukan kolaborasi bersama.

“Utamanya melalui pemanfaatan infrastruktur yang sudah ada sehingga dapat mendukung pemerataan layanan internet sampai ke pelosok,” tuturnya.

Koordinator Wilayah Kerja VI Makassar Bakti Kominfo, Muhammad Lutfi Akib mengakui jika kegiatan tersebut, dilaksanakan untuk mendukung tugas Bakti Kominfo.

“Ini yakni melakukan monitoring terhadap infrastruktur jaringan yang sudah dibangun
oleh Bakti Kominfo, yakni sekitar 600 BTS dan 1.600 akses internet di seluruh Sulawesi,” tuturnya.

Oleh karena itu ia berharap Bakti kominfo bisa dapat bantuan dari dinas terkait yakni Dinas Kominfo, APJII, Balmon dalam mengawasi infrastruktur yang sudah ada.

“Karena sejauh ini selalu mengambil sampling beberapa tempat atau wilayah yang rentan turunnya kapasitas jaringan internet. Utamanya dalam hal ini daerah tertinggal sehingga dari BAKTI belum mampu menjangkau tempat tersebut,” tuturnya.

Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Sulawesi Selatan, A. Winarno Eka Putra, S.STP, M.H menyampaikan, hampir setiap hari mereka mendapatkan kunjungan dari beberapa kabupaten/kota yang mengeluhkan penguatan jaringan blankspot.

News Feed