English English Indonesian Indonesian
oleh

21 Korban Kapal Tenggelam Masih Dicari, Satu Ditemukan Selamat

MAKASSAR, FAJAR — Jumlah korban selamat kapal penangkap ikan Yuiee Jaya II (Dewi Jaya II) yang terbalik di Perairan Selayar bertambah. Dari sebelumnya 11, kini menjadi 12 orang.

Satu tambahan korban selamat atas nama Amat Subechan. Salah satu Anak Buah Kapal (ABK) kapal Yuiee Jaya II itu ditemukan terdampar di Pulau Desa Jinato pada pukul 11.30 Wita.

“Sehingga total korban selamat hingga hari ini yaitu 12 orang,” kata Mexianus Bekabel, Kepala Kantor Basarnas Makassar, Kamis, 14 Maret.

Ada perubahan data terkait POB (Person On Board). Dari sebelumnya disebutkan 37 orang, berubah menjadi 35 orang. Itu setelah tim rescue mendapatkan manifest penumpang.

“Dua orang yang sempat berada di dalam kapal, dinyatakan sudah turun dari kapal dan dipastikan dalam keadaan selamat,” tambah Mexianus.

Pencarian korban kapal terbalik Yuiee Jaya II oleh Tim SAR gabungan dilakukan menggunakan RIB (Rigid Inflatable Boat) milik Pos Sar Selayar dan juga menggunakan kapal nelayan.

Sebelumnya diketahui kapal penangkap ikan Yuiee Jaya II dengan rute Muara Baru – Jakarta tujuan Lombok dilaporkan terbalik sekitar 52 Nautical Mile dari Pelabuhan Benteng, Kabupaten Kepulauan Selayar. Kejadiannya pada Sabtu, 9 Maret, dini hari.

Kapolres Kepulauan Selayar, AKBP Ujang Darmawan Hadi Saputra mengatakan, setiap harinya pencarian terus dilakukan Tim SAR gabungan hingga malam hari. Hasilnya, sudah ada tambahan satu lagi korban selamat ditemukan.

“Mengenai pemeriksaan kelengkapan kapal, kami sudah melakukan koordinasi dengan instansi terkait dalam hal ini ada Basarnas, Syahbandar, kemudian TNI AL untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut terkait hal tersebut. Namun sampai saat ini kami tetap mengutamakan keselamatan nyawa, evakuasi lebih dulu,” ungkapnya.

News Feed