English English Indonesian Indonesian
oleh

24 Penumpang Masih Hilang, Kapal Dewi Jaya 2 Bawa 37 Orang

MAKASSAR, FAJAR — Tim SAR memperluas pencarian. Apalagi, 24 penumpang masih belum ditemukan.

KAPAL penangkap ikan Dewi Jaya 2 karam di perairan Selayar. Sebelas orang telah ditemukan selamat, dan dua lainnya tewas. Basarnas melaporkan, kapal itu rute Muara Baru-Jakarta tujuan Lombok.

Kapal karam pada Sabtu dini hari, 9 Maret 2024. Kapal terbalik sekitar 52 nautical mile dari Pelabuhan Benteng, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulsel. Memuat 37 penumpang.

“Sementara hingga hari ini (kemarin, red) 24 orang masih dalam pencarian oleh tim sar gabungan,” ujar Mexianus Bekabel, Kepala Kantor Basarnas Makassar, Rabu, 13 Maret.

Kapal penangkap ikan terbalik saat mengalami cuaca ekstrem di Perairan Selayar. Informasi itu diketahui setelah dua orang ditemukan terdampar di Pulau Jempea, Selayar, Senin, 11 Maret.

“Awalnya dua orang yang ditemukan terdampar. Satu meninggal dunia, dan satu selamat,” jelasnya.

Selanjutanya, Basarnas kini masih melakukan pencarian bersama dengan tim SAR gabungan yang telah dibentuk. Tim akan melakukan pencarian terhadap korban dengan mengerahkan Rigid Bouyancy Boat (RBB) menuju ke lokasi kejadian.

“Saat ini tim rescue dari Pos SAR Selayar telah berkoordinasi dengan aparat setempat dan membentuk posko gabungan untuk percepatan informasi,” jelas Mexianus.

Korban yang ditemukan pertama dalam keadaan selamat bernama Sun Hen (57). Belakangan, diketahui dia ternyata kapten kapal tersebut. Berdasarkan keterangannya, kapal yang dinahkodainya berangkat pada Minggu, 3 Maret 2024, sekitar pukul 16.00 WIB dari Pelabuhan Muara Baru.

News Feed