English English Indonesian Indonesian
oleh

Ngerinya, Roda Pesawat Berpenumpang 249 Orang Jatuh, Terpaksa Pendaratan Darurat

FAJAR, SAN FRANCISCO—Sebuah pesawat jet Boeing 777 tujuan Jepang harus melakukan pendaratan darurat tak lama setelah lepas landas kemarin, setelah salah satu rodanya terjatuh.

Video yang diposting online menunjukkan roda tersebut terjatuh beberapa detik setelah pesawat United Airlines lepas landas di Bandara Internasional San Francisco.

Roda tersebut memantul ke tempat parkir mobil yang digunakan oleh pegawai bandara, lapor outlet lokal KRON4. Pejabat bandara mengatakan beberapa mobil rusak.

United Airlines mengatakan ada 249 orang di dalam pesawat jet tujuan Osaka itu.

Boeing 777 memiliki enam roda di masing-masing penyangga pendaratan utamanya dan dirancang untuk mendarat dengan aman jika ada yang hilang atau rusak, kata United Airlines.

Penerbangan dialihkan ke Los Angeles dan mendarat dengan selamat.

Penumpang diperkirakan akan berangkat lagi pada Kamis malam, kata maskapai itu di AFP dikutip  dari Malay Mail.

Boeing telah menghadapi serangkaian masalah pengendalian kualitas, yang terbaru adalah insiden yang mengejutkan pada bulan Januari ketika panel seukuran pintu Boeing 737 Max 9 meledak dari badan pesawat setelah pesawat lepas landas di Portland, Oregon.

Tidak ada yang terluka parah dalam insiden tersebut, yang memicu penghentian darurat selama 19 hari pada semua Boeing 737 Max 9.

Regulator AS pekan lalu memberi waktu 90 hari kepada Boeing untuk membuat rencana mengatasi masalah pengendalian kualitas, dan kepala FAA mengatakan perusahaan tersebut harus berkomitmen terhadap perbaikan yang nyata dan mendalam. (amr)

News Feed