English English Indonesian Indonesian
oleh

Firmina Talulembang Berhasil Pertahankan Satu Kursi di DPRD Sulsel

TORAJA, FAJAR — Firmina Tallulembang menjadi satu-satunya petahana di Dapil X Sulsel, yang kembali duduk di DPRD Sulsel.

Firmina merupakan petahana dari Partai Gerindra yang berhasil mempertahankan kursinya dengan mengumpulkan total 19.674 suara. Wakil Ketua DPD Gerindra Sulsel ini kembali melenggang ke DPRD Sulsel.

Berdasarkan data yang dihimpun, Partai Golkar berada di puncak perolehan suara dengan mengumpulkan 111.681 suara. Masing-masing di Tana Toraja 65.787 suara dan di Toraja Utara 45.894 suara.

Kemudian di peringkat kedua ada Partai Demokrat dengan dengan perolehan 38.789 suara. Disusul Gerindra 35.881 suara, Nasdem 34.354 suara, dan PDI Perjuangan 28.372 suara.

Pembagian kursi dewan dilakukan berdasarkan dengan penghitungan Sainte Lague Murni. Dari perolehan suara tersebut, Partai Golkar berhak atas kursi pertama. Bahkan, kursi ketiga masih diraih Partai Golkar setelah jumlah suara dibagi tiga, masih lebih tinggi dari perolehan suara Gerindra yaitu 37.227 suara.

Kursi kedua diraih Partai Demokrat, kursi keempat Gerindra, dan kursi kelima dikunci Partai Nasdem. PDI Perjuangan tersingkir dari persaingan perebutan kursi ini.

Di internal Partai Golkar, dua peraih suara tertinggi adalah Fhireno Sakti Bassang dengan 45.138 suara. Sedangkan Yariana Somalinggi mendapatkan 40.857 suara.

Di Partai Demokrat, peraih suara tertinggi adalah Yuniana Mulyana dengan 21.208 suara. Pengusaha Oto Bus ini menyingkirkan petahana Jufri Sambara yang kali ini mendulang suara 2.566 suara.

Kursi kelima diraih Yosia Rinto Kadang dari Partai Nasdem. Mantan Wakil Bupati Toraja Utara ini mendulang 14.920 suara. (ams)

News Feed