English English Indonesian Indonesian
oleh

Profesor Teknik Pertanian UNM Bertambah

FAJAR, MAKASSAR – Ketua Senat UNM Jamaluddin resmi dikukuhkan sebagai profesor, Kamis, 22 Februari 2024. Ia menjadi guru besar dalam bidang ilmu teknik pertanian. Pengukuhan oleh
Rektor UNM Prof Husain Syam di Ballroom Teater Menara Pinisi UNM.

Prof Husain Syam menilai Prof Jamaluddin adalah figur pribadi yang sangat tekun, sangat apik dan perfek dalam mengembangkan ide dan gagasan. Sehingga, dia dianggap layak untuk mendapatkan gelar tersebut.

”Rasanya, tercatatkan semua dalam model penelitian yang disampaikan melalui orasi ilmiahnya. Maka sangat pantas bisa meraih gelar profesor ini,” ujarnya.

Menurut Husain Syam UNM selalu menargetkan semua calon profesor bisa berproses cepat, serta pengembangan sumber daya manusia (SDM) menjadi prioritas utama.

”Targetnya selalu banyak, ini ada lagi yang berproses. Pengembangan SDM harus kita nomor satukan. Salah satu penggambaran kualitas SDM adalah bagaimana jumlah guru besar dan doktornya banyak,” jelasnya.

Orang nomor satu UNM itu menilai, indikator kemajuan institusi pendidikan salah satunya adalah kualitas SDM. Karena dengan hal itu, pendidik bisa lebih kreatif dalam memberikan pendidikan yang berkualitas pula kepada mahasiswa.

Prof Jamaluddin mengaku cukup lega setelah menyampaikan orasi Ilmiahnya “Model Matematika, Karakteristik dan Perubahan Bahan Pertanian Selama Proses Pengeringan Untuk Optimalisasi Kualitas Efisiensi Energi”.

Ia menjelaskan, karakteristik pertanian di berbagai jenis bahan pertanian, bertujuan untuk mengoptimalkan kualitas produk-produk yang lebih baik. Itu sebabnya, bahan hasil pertanian pada umumnya memiliki kadar air yang tinggi. Kecenderungan ini menyebabkan pentingnya metode pengawetan dan memperpanjang umur simpan bahan hasil pertanian.

News Feed