English English Indonesian Indonesian
oleh

Isian Aneka Daging yang Bergizi

FAJAR, MAKASSAR– Takoyaki merupakan jajanan atau camilan yang berasal dari Jepang, berbentuk bola-bola kecil dibuat dari adonan tepung terigu diisi potongan gurita di dalamnya.

Namun di Makassar, jajanan ini dibuat berbeda. Tak hanya daging gurita sebagai isiannya. Tetapi ada daging sapi, keju, tuna, bakso, dan sosis, yang bisa dipilih.

Chef dan Pembuat Takoyaki, Suwanta mengatakan tak sekedar sebagai jajanan, namun Takoyaki juga memiliki nilai gizi. Hal ini dilihat dari isiannya seperti daging-dagingan.

Kata Chef Suwanta, daging-dagingan mengandung lebih dari seperempat asam lemak omega-3. “Ini yang rekomended untuk dikonsumsi setiap hari untuk kesehatan jantung,”tuturnya.

Selain kandungan gizi yang diberikan pada isian Takoyaki, banyak orang tertarik dengan makanan ini karena lagi hits saat ini.

“Orang yang sering ke Jepang pasti tau seberapa enaknya Takoyaki jadi mungkin mereka mau mencoba lagi dan dibawalah ke Makassar resepnya,”ucapnya.

Salah Seorang Pembuat Takoyaki, Utiya Dieni Rusyadah mengatakan untuk membuat seporsi Takoyaki, caranya dipanggang dengan durasi 10 hingga 15 menit. Sehingga tak menghasilkan banyak lemak saat dikonsumsi.

Sementara untuk isiannya menyesuaikan selera orang-orang. “Kalau ciri khas punyaku saosnya betul betul buatan sendiri, campuran sendiri. Bukan beli saos takoyakijadi yang banyak dijual sehingga ada rasa khasnya. Serta dijamin steril,”ungkapnya

Selain isiannya yang beragam, perpaduan antara saos, mayones dan toppingnya juga kelihatan menggugah selera.(wis/lin)

News Feed