English English Indonesian Indonesian
oleh

Pesta Politik Lancar, IHSG Bakal Menuju Level 8.000

JAKARTA, FAJAR – Pasar modal Indonesia menyambut positif pelaksanaan pesta demokrasi. Indeks harga saham gabungan (IHSG) menghijau pasca pencoblosan pemilu. Naik 93,53 poin atau 1,3 persen ke posisi 7.303,281.

Apalagi, tren pergerakan IHSG setiap setelah pemilu selalu naik. Pasar saham selalu positif menyambut pemimpin baru. Artinya, ada harapan publik yang besar dari pergantian kepemimpinan nasional.

’’Ketika indikasi (quick count) ada pemenang, pasar saham selalu merespons positif hasil pemilu. Mengurangi risiko ketidakpastian dalam negeri sehingga sebagian besar saham naik,” ungkap analis pasar modal Hans Kwee kepada Jawa Pos (grup FAJAR), kemarin.

Pelaku pasar modal berpandangan netral terhadap ketiga pasangan calon presiden dan wakil presiden. Yang menjadi perhatian adalah pemilu yang damai. Tidak ada pergolakan dan bisa diterima semua pihak.

Sejumlah hasil quick count pemilu mengindikasikan pelaksanaan pemilu berlangsung satu putaran. Hal itu menjadi sentimen positif pasar modal. Artinya, periode wait and see tidak terlalu lama dan bisnis lekas bergerak.

’’Selain itu, risiko politik dalam negeri berkurang. Sehingga ini dicap positif oleh pasar. Investor lebih berani menempatkan dananya ke instrumen yang agresif,” ungkap Hans.

Hingga perdagangan bursa berakhir, terdapat 348 saham menguat, 201 saham melemah, dan 227 saham stagnan. Transaksi bursa sebanyak Rp 15,7 triliun dari 20,9 miliar saham yang diperdagangkan.

Head of Research Mirae Asset Sekuritas Indonesia Robertus Hardy menuturkan, minat investasi publik terhadap instrumen pasar modal semakin meningkat. Itu seiring dengan prediksi pelonggaran kebijakan suku bunga global dan nasional. Ditambah, munculnya indikasi kejelasan hasil Pemilu 2024.

News Feed