English English Indonesian Indonesian
oleh

Pemda Perpanjang Landasan Tahun Ini, namun Pemprov Masih Terkendala Lahan

BONE, FAJAR-Bandara Arung Palakka Bone akan dibenahi lagi. Landasan pacu akan diperpanjang.

Pemerintah Kabupaten Bone merencanakan penambahan landasan pacu alias run way Bandara Arung Palakka tahun ini. Dari saat ini dengan panjang 1.400 meter menjadi 2500 meter.

Sebelumnya rencana perluasan ini telah dijanjikan Pj Gubernur Sulsel Bachtiar Baharuddin saat berkunjung ke Bone beberapa waktu lalu.

Kepala Dinas Bina Marga Cipta Karya dan Tata Ruang Bone, Askar, membenarkan rencana perluasan ini. Hanya saja untuk kucuran anggaran pembebasan lahan, belum mendapatkan kepastian dari provinsi.

“Rencananya seperti itu, eksekusi ini belum turun (fisik), tapi rencananya (pembebasan lahan) tahun ini,” ujar Askar, kemarin.

Gubernur menargetkan perluasan bandara bisa dilakukan agar bisa mengimbangi integrasi dengan pembangunan Pelabuhan Pattiro Bajo yang lebih dahulu sudah dianggarkan pemprov sebesar Rp39 miliar.

Kendala Lahan

Sementara itu, Kepala Biro Kesra Sulsel, Erwin Sodding, mengatakan rencana perluasan lahan oleh Pj Gubernur ini akan dibicarakan bersama dengan Otoritas Bandara.

“Secara teknis mereka yang punya gawai itu, tapi kami tetap nanti support-nya, apakah dalam bentuk sharing cost, atau mungkin pembebasan lahan atau apa,” ujarnya.

“Yang jelas kalau rencana pembebasannya itu sudah ada, dan diupayakan tahun ini,” sambungnya.

Sampai saat ini masih banyak kendala yang dihadapi pihaknya untuk pembenasan lahan. Dari kontur, hingga kepemilikan lahan warga yang mesti dibebaskan.

Beberapa warga ada yang suka rela memberikan murah lahannya, namun tak sedikit juga yang memasang harga yang sangat tinggi.

News Feed