English English Indonesian Indonesian
oleh

Tinjau Klenteng, Kapolres Pelabuhan Pastikan Pengamanan Imlek

FAJAR, MAKASSAR — Kapolres Pelabuhan Makassar, AKBP Yudi Frianto meninjau langsung kesiapan pengamanan jelang perayaan ibadah tahun baru Imlek 2024. Ia pun memastikan semuanya aman dan lancar.

Peninjauan dilakukan di sejumlah tempat peribadatan Imlek yang masuk wilayah hukum Polres Pelabuhan Makassar. Salah satunya Klenteng Xian Ma yang berlokasi di Jl Sulawesi.

“Hari ini kami melaksanakan giat pengamanan Imlek di daerah Polres Pelabuhan. Ada lima tempat yang harus kita amankan. Makanya hari ini kita lakukan pengecekan dan berkoordinasi dengan pengurus-pengurus klenteng,” ujarnya, Jumat, 9 Februari 2024.

Yudi menyebut, koordinasi dilakukan pihak kepolisian dengan pengurus mengingat perayaan ibadah Imlek selalu memakan waktu lebih. Biasanya, kata dia, berlangsung sekitar satu pekan lamanya.

“Makanya kami di sini memberitahu kepada pengurus untuk memberikan masukan-masukan terkait kegiatan, juga apakah ingin perkuatan anggota atau seperti apa,” jelasnya.

Pihaknya akan menurunkan sebanyak 300 personel dalam rangka pengamanan perayaan ibadah tahun baru Imlek 2024. Terdiri dari 100 personel untuk pengamanan klenteng, dan 200 personel di lokasi kegiatan lain.

“Mulai sekarang sudah di floating, namun ada sebagian klenteng yang harus disiapkan karena ada kegiatannya sampai pagi. Juga informasi akan seperti tahun sebelumnya ditutup dengan kegiatan Jappa Jokka atau Cap Go Meh,” ujarnya.

“Alhamdulillah situasi sejauh ini aman dan terkendali, kegiatan agama bisa dilaksanakan dengan aman dan lancar,” pungkasnya. (maj)

News Feed