English English Indonesian Indonesian
oleh

Ketua Bawaslu Sulsel Harap PTPS Jaga Kemurnian Suara

FAJAR, SOPPENG – Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulawesi Selatan, Mardiana Rusli menghadiri kegiatan Apel Siaga Pengawasan di Kabupaten Soppeng, Jumat (09/02/2024).

Kegiatan yang digelar oleh Bawaslu Kabupaten Soppeng ini, merupakan tanda kesiapan jajaran dalam pelaksanaan pengawasan Pemungutan dan perhitungan suara Pemilu Tahun 2024.

Dalam sambutannya, Mardiana mengungkapkan Bawaslu meletakkan kepercayaan dan harapan ke jajaran Pengawas TPS untuk menjaga kualitas demokrasi di Sulawesi Selatan.

“Jantung semua persoalan ada di TPS, karna itu kami meletakkan kepercayaan dijajaran TPS untuk menjaga hak konstitusi dan kemurnian suara pemilih yang di konversi menjadi kursi,” tegasnya.

Mardiana kembali mengingatkan Pengawas TPS untuk memaksimalkan pencegahan dan pengawasan di TPS untuk menjaga kehormatan Bawaslu sebagai lembaga pengawas pemilu. PTPS merupakan ujung tombak pengawas pemilu dan memiliki peran krusial dalam menjaga suara rakyat.

“Selain memastikan seluruh aktivitas di TPS sesuai aturan, secara kelembagaan yang harus dijaga adalah kehormatan Bawaslu yang direalisasikan dengan gerak langkah dan tugas. Tindaki jika ada kecurangan, ini untuk mewujudkan pemilu yang aman dan terkendali,” harapnya.

Ketua Bawaslu Soppeng, Muhammad Hasbi, menyampaikan Apel dilakukan sebagai tanda kesiapan seluruh jajaran Bawaslu dalam melaksanakan Pemungutan dan perhitungan suara.

“Kami minta kepada jajaran pengawas TPS, untuk memastikan pemungutan dan penghitungan suara tidak cacat prosedur. Serta memastikan semua tahapan sudah berjalan dengan baik. Tak terkecuali mengawasi serangan fajar yang kemungkinan terjadi,” bebernya.

Lanjut Hasbi, hal ini sebagai komitmen bersama untuk menjaga keutuhan Indonesia, sebagai pengawal demokrasi.

“Pengawas TPS harus dapat memastikan pemungutan dan penghitungan suara berjalan tanpa kecurangan dan pelanggaran,” tutupnya.

Hadir dalam kegiatan ini, Kepala Sekretariat Bawaslu Provinsi Sulawesi Selatan, Jalaluddin, Wakil Bupati Soppeng Lutfi Halide, Kapolres Soppeng, Muhammad Yusuf Usman, S.H,. SIK., MT, Dandim 1423 Soppeng Letkol Inf Sigit Suhendro Hadi, K.S.T, M.Tr (*)

News Feed