English English Indonesian Indonesian
oleh

Perang di Gaza Bikin McDonald’s dan Starbucks Butuh Waktu Lama untuk Pemulihan

FAJAR, GAZA—McDonald’s dan Starbucks mengatakan perang Israel-Hamas di Gaza dan boikot yang muncul merugikan penjualan mereka pada kuartal terakhir.

Saham McDonald’s turun hampir 4% pada hari Senin, setelah dilaporkan bahwa perlambatan penjualan di Timur Tengah berkontribusi terhadap hilangnya pendapatan pada kuartal keempat.

Sedangkan saham Starbucks telah turun sekitar 2% sejak Selasa, ketika perusahaan tersebut melaporkan bahwa perang juga mengurangi penjualannya di AS dalam tiga bulan terakhir tahun ini.

Kedua restoran raksasa ini menjadi salah satu perusahaan terbesar di AS yang mengatakan bahwa konflik di Timur Tengah telah merugikan penjualan mereka – dan kemungkinan besar juga akan menekan permintaan di kuartal-kuartal mendatang.

Dikutip dari CNBC, Selasa, 6 Februari 2024, tidak jelas apakah perusahaan restoran lain akan mengalami penurunan serupa.

Starbucks menjadi target boikot ketika Starbucks Workers United, yang mewakili ratusan kafe yang tergabung dalam serikat pekerja, memposting postingan yang mendukung warga Palestina, sehingga menimbulkan reaksi balik dari kelompok konservatif.

Starbucks berusaha menjauhkan diri dari tweet tersebut, yang dihapus oleh serikat pekerja, dan menggugat Workers United atas pelanggaran merek dagang.

Sementara itu, penjualan McDonald’s pada kuartal keempat di Timur Tengah merosot setelah pemegang lisensinya di Israel menawarkan diskon kepada tentara, sehingga memicu boikot dari pelanggan yang menentang serangan negara tersebut di Gaza.

Timur Tengah biasanya menyumbang sekitar 2% dari penjualan global McDonald’s dan 1% dari pendapatan global sebelum bunga dan pajak, menurut analis TD Cowen Andrew Charles.

News Feed