English English Indonesian Indonesian
oleh

Tok! Mulai April, Motor Masuk Bandara Harus Pakai Kartu Unik

MAROS, FAJAR — Setelah ini cuma mobil yang diwajibkan. Nanti, pemotor pun harus memiliki kartu uang elektronik (unik).

Manajemen Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar di Marosakan memberlakukan pembayaran parkir nontunai dengan uang elektronik per Senin, 1 April 2024. Pembayaran masuk pelataran dan parkir dengan kartu unik menggunakan sistem tap in dan tap out.

Sistem ini sendiri telah diterapkan untuk kendaraan roda empat ke atas. Sistem ini dianggap lebih memudahkan para pengendara. Tidak lagi repot dengan urusan uang kembalian atau membayar tunai.

Dengan sistem ini, pengendara tidak perlu mengambil karcis, cukup menempelkan kartu uang elektronik saat masuk gerbang loket. Proses masuk akan sama seperti jika masuk ke pintu tol.

“Sosialisasi kami lakukan dua bulan sebelum penerapan,” ujar General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Sulhas, Taochid Purnomo Hadi, kemarin.

Harapannya, para pengguna kendaraan roda dua mulai sekarang dapat menyiapkan kartu elektronik jika akan masuk ke pelataran bandara. Sebagai uji coba, saat ini sistem tap in-tap out sudah dapat digunakan oleh pengguna jasa yang menggunakan kendaraan roda dua.

“Jadi bagi yang ingin mencoba, agar membawa kartu elektronik dan pastikan isi saldo mencukupi, ” kata Taochid.

Sementara itu Stakeholder Relation Manager PT Angkasa Pura I, Taufan Yudhistira mengatakan untuk kartu uang elektronik yang dapat digunakan di antaranya e-money (Mandiri), Brizzi (BRI), TapCash (BNI), dan Flazz (BCA).

“Kartu uang elektronik ini dapat dibeli dan diisi ulang saldonya di kantor bank atau pun minimarket. Tapi bag yang ingin melakukan pengisian di bandara, juga kami siapkan di pelataran parkir masjid bandara pada saat akan keluar,” ungkapnya.

News Feed