English English Indonesian Indonesian
oleh

MotoGP Argentina Resmi Dicoret

VALENCIA, FAJAR – Balapan MotoGP 2024 resmi berkurang satu seri. Jadinya hanya 21 seri dari 22 balapan.

Hal itu terkonfirmasi usai FIM, IRTA, dan Dorna Sport kemarin mengeluarkan pernyataan resmi. Satu balapan yang dihapus itu adalah GP Argentina di Sirkuit Termas de Rio Hondo.

Dalam pernyataan resmi, MotoGP menyebut langkah pembatalan diambil atas pertimbangan matang. Yakni, menyikapi kondisi terkini di negara tersebut.

’’Promotor lokal mengatakan kepada kami, saat ini mereka tidak bisa menggaransi maupun memenuhi segala hal yang dibutuhkan untuk event MotoGP sesuai dengan standar yang berlaku,” tulis Dorna dalam pernyataan resmi itu dilansir Crash.

’’Tidak ada pengganti untuk seri ini. MotoGP berharap bisa kembali ke Termas de Rio Hondo pada 2025,” lanjut Dorna.

Isu batalnya GP Argentina sejatinya sudah berembus sejak pekan lalu. Kabar tersebut muncul usai Javier Gerardo Milei, presiden baru Argentina, dilantik 10 Desember lalu.

Setelah resmi memimpin negara itu, Gerardo Milei mengambil langkah-langkah besar soal revisi ekonomi. Yakni, memangkas berbagai anggaran belanja negara. Itu dilakukan demi mengatasi krisis devaluasi tajam mata uang dan inflasi besar-besaran yang sedang melanda Argentina.

Sejak comeback menjadi host MotoGP, Argentina sejatinya menjadi salah satu seri yang menghadirkan banyak penonton. Tahun lalu Sirkuit Termas de Rio Hondo dihadiri 186.038 penonton.

Itu membuat GP Argentina tercatat sebagai balapan musim 2023 dengan jumlah penonton terbanyak keempat di belakang Sirkuit Le Mans, Sachsenring, dan Valencia.

News Feed