English English Indonesian Indonesian
oleh

702 Lembar Surat Suara DPRD Barru Nyasar Sampai ke KPU Pinrang

FAJAR, PINRANG– Ratusan surat suara DPRD Barru nyasar sampai ke KPU Pinrang. Surat suara tersebut kini telah diserahkan.

Ketua KPU Pinrang, Muh Ali Jodding menyampaikan, sebanyak 702 lembar surat DPRD Barru nyasar ke KPU Pinrang. Pihak KPU Pinrang menyerahkan surat suara tersebut ke KPU Barru. “Dalam proses sortir lipat ini kami menemukan ada surat suara Barru sebanyak 702 lembar. Sehingga pada malam ini KPU Barru menjemput surat,” ungkap Ali Jodding di Kantor KPU Pinrang, Senin 22 Januari 2024

Pihaknya mengaku sampai sejauh ini untuk kasus surat suara yang salah kirim kasus ini merupakan kasus pertama. Sebelumnya hanya kasus salah cetak dan kurang layak. “Itu saja. Yang lain yang rusak dan tidak layak tetapi tidak signifikan (kerusakannya),” jelasnya.

Terkait salah kirim surat suara tersebut Ali Jodding menyampaikan kemungkinan terjadi karena Barru dan Pinrang satu percetakan. Sehingga ada kesalahan kirim. “KPU Barru dan Pinrang ini satu percetakan,” paparnya.

Komisioner KPU Barru Busman A Gani, menyampaikan telah menerima surat suara yang salah kirim tersebut dengan menjemput langsung surat suara tersebut ke Pinrang. Proses penyerahan juga disertai berita acara sebagai legalitas proses serah terima surat suara. “Ada kesalahan pengiriman surat suara. Ini kemungkinan tertukar karena human error saja, tidak ada kesengajaan,” jelasnya. (irm/*)

News Feed