English English Indonesian Indonesian
oleh

Kepemimpinan Strategis dan Peran Global Indonesia

Keadaan ini dapat memengaruhi dinamika kerja sama, serta arah keseluruhan diplomasi Indonesia. Pada sisi yang bersamaan, terjadi pergeseran dalam kepemimpinan global yang juga dapat memainkan peran penting dalam pembentukan geopolitik Indonesia. Keterlibatan Indonesia dalam organisasi internasional, perjanjian perdagangan, dan isu-isu global lainnya tentu dapat dipengaruhi oleh kebijakan global yang diusung oleh pemimpin dunia lainnya.

Olehnya itu, hasil dari pemilihan pemimpin di negara-negara adikuasa memiliki dampak secara langsung pada posisi dan peran Indonesia dalam kancah internasional. Dalam menghadapi dinamika geopolitik yang sangat kompleks ini, Indonesia perlu merancang konsep kebijakan luar negeri yang adaptif dan responsif. Kolaborasi dengan negara-negara mitra, pemeliharaan keseimbangan regional, dan penanganan isu-isu global menjadi tantangan yang harus dihadapi dengan bijak.

Hasil pemilu dan kepemimpinan yang terpilih akan menjadi faktor kunci dalam membentuk peran Indonesia dalam dinamika geopolitik masa depan. Kita semua sangat mengharapkan hasil pemilu adalah pemimpin yang sangat paham dan matang pada hal-hal seperti ini sebagai penentu untuk Indonesia menjadi negara yang punya peran dan posisi penting di dunia. (*)

*Penulis merupakan Akademisi Unismuh Makassar

News Feed