English English Indonesian Indonesian
oleh

Silaturahmi Keluarga Besar Karaeng Tunruang Daeng Makkelo

FAJAR, MAKASSAR-Keluarga besar Karaeng Tunruang Daeng Makkelo, yang merupakan Arung Bulukumba Toa tahun 1900 – 1911 menggelar silaturahmi, dirangkaikan dengan hari ulang tahun Wakapolda Sulawesi Selatan Jumat, 29 Desember 2023. Kegiatan dilaksanakan dengan meriah yang diselenggarakan di Hotel Santika Makassar.

Kepada FAJAR, Ketua Panitia kegiatan silaturahmi, Ipda Andi Adrianus mengatakan, silaturahmi keluarga besar Karaeng Tunruang Daeng Makkelo ini merupakan momentum untuk mempererat kembali kekeluargaan. Dimana keseharian beberapa keturunan Arung Bulukumba Toa itu sibuk dengan urusan masing-masing.

Andi Ibba, sapaan Ipda Andi Adrianus menyebutkan beberapa keturunan Arung Bulukumba Toa salah satunya, Wakapolda Sulsel Brigjen Pol Chuzaini Patoppoi.S.St.M.K.S.H,

Ipda Andi Adrianus menjelaskan, Karaeng Tunruang Daeng Makkelo dulunya adalah sosok pemimpin yang berjiwa tegas dan amanah dalam menjalankan pemerintahan di era kolonial Belanda.

Beliau menjabat selama 2 periode dengan SK yang diterbitkan oleh Belanda di Cipanas, Jawa Barat sebagai Arung Bulukumba Toa, yang saat ini bernama Kecamatan Bulukumpa.

Dalam struktural kepemimpinan  berdasarkan catatan Belanda oleh BF. Matthes, Bulukumba Toa Lompo Bulukumba Toa ,Gallarang Bulo Bulo ,Gallarang Jawi – Jawi ,Gallarang Bintaronga, Gallarang Balangtaroang, Gallarang Kambuno,Gallarang Butta Keke, Lompo Batu Karopa Anak kandung dari Panglima Perang yang sangat fenomenal di Sinjai yaitu La Makkaroda Baso Kalaka Puang Lampe Uttu, Karaeng Tunruang Daeng Makkeli ini memiliki 9 anak dari 4 istri yang tersebar di Bulukumba dan sekitarnya.

Inti dari kegiatan ini adalah sebagai pengingat kepada generasi pelanjut agar sejarah harus di jaga, agar anak cucu kita tahu dan paham bahwa pendahulu kita berjuang dengan darah, moral, harta dan masih banyak lagi,” jelas Ipda Andi Adrianus. (*)

News Feed