English English Indonesian Indonesian
oleh

Pidato Kebudayaan, Arief Rosyid Bakal Angkat “Gerbong Pemuda dan Visi Indonesia Emas 2045”

FAJAR, MAKASSAR-Ketua Umum PB HMI Periode 2013-2015, Arief Rosyid Hasan akan membawakan Pidato Kebudayaan bertajuk Gerbong Pemuda dan Visi Indonesia Emas 2045 pada 27 Desember 2023, di Gedung Mulo, Makassar.

Arief Rosyid Hasan, lahir di Makassar 4 September 1986. Pada tahun 2013 ia terpilih menjadi Ketua Umum PB HMI. Sejak menjadi mahasiswa, Arief telah tertarik pada isu-isu kepemudaan dan mengiring langkahnya melalui kerja nyata di bidang kepemudaan. Demisioner dari PB HMI pada tahun 2015, Arief melanjutkan jihad pemberdayaan kepemudaan, ia diundang oleh Bapak Presiden Joko Widodo untuk berdialog terkait kepemudaan dan meminta Presiden dihadirkannya kebijakan pengarusutamaan pemuda dalam pembangunan di Indonesia.

Pidato ini diinisiasi oleh Merial Institute, sebuah lembaga think tanks yang berfokus mengawal isu kepemudaan, yang bergerak dalam mengimplementasi Kebijakan Publik (Public Policy), Kepemudaan (Youth), dan Riset (Research).

Pada tahun 2023, Merial Institute, kembali menjadi bagian dari Pokja Kemenpora tahun 2023 setelah tahun-tahun sebelumnya konsisten berkontribusi pada pembangunan pemuda menuju Indonesia Emas 2045. Hingga, bekerja sama dengan Dispora Makassar menyusun Indeks Pembangunan Pemuda (IPP) Kota Makassar.

Ketua Merial Institute Syakhrul Affandy mengatakan, ditunjuknya Arief Rosyid sebagai penyaji pidato melihat dedikasi dan integritas yang telah dilakukan anak muda asal Gowa dan alumni Kedokteran Gigi, UNHAS ini terhadap pemberdayaan pemuda. Mulai dari perannya sebagai aktivis di Makassar, berlanjut di Jakarta, dan hingga kini terus melakukan kolaborasi-kolaborasu dengan dan untuk pemuda.

Arief Rosyid juga menginisiasi terbentuknya Milenial Fest sebagai salah satu inisiatif awal dalam menciptakan narasi tunggal di sektor kepemudaan dengan menjadi jembatan dialog antara generasi muda (milenial) dengan generasi lintas profesi yang berada di atasnya sebagai mentor yang mumpuni secara pengalaman.

Selain itu, ada Rabu Hijrah, Suropati Syndicate dan sederet aksi-aksi kolaborasi yang telah dilakukan bersama mewujudkan cita-cita Indonesia Emas 2045. (*/)

News Feed