English English Indonesian Indonesian
oleh

Kuliah Penyuntingan, Sastra Indonesia Unhas Libatkan Praktisi Industri Media Digital

FAJAR, MAKASSAR-Departemen Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Unhas melibatkan praktisi mengisi mata kuliah. Salah satunya, Wahyu Try Baharsyah.

Wahyu sebagai praktisi dengan pengalaman lebih dari 11 tahun di industri media dan digital. Ia salah satu praktisi dalam Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di Unhas.

Program MBKM, yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikristek), memberikan kesempatan bagi praktisi seperti Wahyu untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan mereka kepada mahasiswa melalui mata kuliah “Penulisan Kreatif” pada semester genap lalu masih ditahun yang sama di tahun 2023.

Wahyu merupakan alumni Teknik Pengembangan Wilayah dan Kota Unhas dan juga pernah meraih penghargaan sebagai Mahasiswa Berprestasi (MAWAPRES). Ia memulai kariernya sebagai reporter televisi pada tahun 2012 dan kemudian menjalani berbagai peran, termasuk presenter, news anchor, dan produser berita.

Selain itu, Wahyu juga memiliki pengalaman sebagai Senior Project Leader di sebuah yayasan pendidikan di Polandia yang didukung oleh Uni Eropa. Setelah kembali ke Indonesia, Wahyu berkarier di Jakarta dan bekerja untuk Narasi, di mana ia turut membangun Narasi Academy, sebuah platform pembelajaran tentang jurnalistik dan pembuatan konten. Baru-baru ini bulan November lalu, Wahyu berangkat ke Polandia bergabung di Yayasan Pendidikan Uni Eropa (Euroweek Foundation).

Pada semester ini tahun ajaran 2023-2024 mata kuliah “Penyuntingan kelas B”, Wahyu Try Baharsyah bekerja sama dengan dua dosen pengampu, yaitu Prof. Dr. Asriani Abbas, M.Hum. dan Prof. Dr. Nurhayati, M.Hum. Pada akhir perkuliahan, praktisi mengajarkan tentang editing naskah.

News Feed